(Jakarta, 6/5/2014). Batam - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan penghargaan Wahana Tata Laksana kepada 9 (sembilan) Terminal Bus diseluruh Indonesia atas prestasinya dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan terminal sebagai wujud pelayanan prima kepada masyarakat pengguna jasa. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso pada kegiatan Rakernis Terminal Penumpang Angkutan Jalan di Batam (23/4).

Pada Tahun 2012 sesuai dengan instruksi Wakil Presiden melalui Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mengadakan kegiatan Gerakan Nasional Bersih Negeriku yang salah satu kegiatannya berupa kebersihan di sarana dan prasarana Perhubungan Darat.

Sebagai tindak lanjut instruksi Wakil Presiden tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.HK.209/1/2/DRJD/2012 tentang kebersihan lingkungan kerja, sarana, dan prasarana transportasi darat meliputi seluruh Dinas Perhubungan Provinsi, Kebupaten/ Kota seluruh Indonesia, para direktur, Kepala UPT, Ketua DPP Organda dan Gubernur seluruh Indonesia.

Karena tercapainya target peningkatan kebersihan di 10 terminal penumpang yaitu Terminal Arjosari, Terminal Tirtonadi, Purabaya, Indhiang, Giwangan, Kalideres, Lebak Bulus, Purwokerto, Leuwipanjang, dan Terminal Terpadu Merak, dari kegiatan tersebut Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mendapat apresiasi dari UKP4.

Atas prestasi yang telah didapat, selanjutnya Ditjen Perhubungan Darat memberikan penghargaan kepada 10 (sepuluh) terminal penumpang yang telah peduli terhadap kebersihan terminal dengan nama penghargaan Wahana Tata Laksana.

Penghargaan tersebut sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada penyelenggara terminal penumpang demi mewujudkan penyelenggaraan terminal penumpang yang bersih dan nyaman sebagai dambaan masyarakat pengguna jasa.

Selanjutnya pada tahun 2013, Ditjen Perhubungan Darat cq Dit LLAJ melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk pengukuran peningkatan kebersihan terminal penumpang di seluruh Indonesia dengan kategori-kategori yang telah ditetapkan yaitu meliputi kategori kota metropolitan, kota besar dan kota sedang.

Untuk penghargaan Wahana Tata Laksana tahun 2013, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan kegiatan monitoring terhadap 26 terminal di seluruh Indonesia di luar terminal yang sedang dalam proses pengembangan atau rehabilitasi dan dilakukan penilaian dengan hasil sebagai berikut :

Kategori Kota Metropolitan :

1.    Terminal Rawamangun, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta

2.    Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

3.    Terminal Kampung Rambutan, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta

Kategori Kota Besar :

1.    Terminal S. Kujang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur

2.    Terminal Sumer Payung, Kabupaten Sumbawa Besar, Provinsi NTT

3.    Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

Kategori Kota Sedang :

1.    Terminal Purboyo, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur

2.    Terminal Tangkoko, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara

3.    Terminal Simbuang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat

(CAS).