Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu, meninjau Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang telah selesai dilakukan revitalisasi.

Revitalisasi museum yang dikelola oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan ini dilakukan sejak April 2022, bersamaan dengan revitalisasi TMII secara keseluruhan. Direncanakan, kawasan TMII akan dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir tahun 2022.

Revitalisasi yang dilakukan meliputi: bangunan luar, lanskap,desain interior, serta penambahan koleksi museum dan fasilitas pendukung lainnya untuk menambah daya tarik pengunjung.

Menhub mengatakan, untuk turut mensosialisasikan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, akan dipamerkan pula berbagai jenis kendaraan listrik di area Museum Transportasi. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” ujar Menhub.

Museum Transportasi memiliki luas sebesar 6.25 hektar yang meliputi ruang pamer indoor dan outdoor. Museum ini diresmikan pertama kali pada tahun 1991, yang dibangun untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, serta memamerkan bukti-bukti sejarah dan perkembangan transportasi Indonesia serta peranannya dalam pembangunan nasional.

Pengunjung Museum Transportasi termasuk salah satu museum di TMII yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak. Karena memiliki banyak spot yang menarik, tempat ini sering menjadi tempat berkumpul para pelajar maupun komunitas, seperti komunitas fotografi.

Diharapkan dengan semakin bervariasinya fasilitas usai dilakukan revitalisasi, pengunjungnya akan semakin banyak, dan dapat menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat akan perkembangan transportasi Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Museum Transportasi, Menhub juga menjajal mobil listrik Wuling bertipe Air EV. Menhub mengapresiasi para produsen otomotif yang telah mendukung percepatan implementasi kendaraan listrik secara massal di Indonesia.

Menhub beserta jajaran juga melakukan olahraga ringan dengan berjalan mengelilingi kawasan TMII, yang telah selesai direvitalisasi dan akan segera diresmikan dan dioperasikan kembali.

Turut hadir dalam tinjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kepala BPSDM Djoko Sasono, para pejabat dan taruna taruni di lingkungan Kementerian Perhubungan. (AH/RDL/LA/HT)