(Jakarta, 16/10/2012) Unit Pelayanan publik sektor transportasi harus tanggap dan dapat  mengantisipasi peningkatan dan perkembangan teknologi. Operator maupun unit-unit pelayanan publik sektor transportasi harus terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanannya. Untuk itu diharapkan unit pelayanan publik jangan sampai lengah terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor transportasi yang begitu cepat.

“Jangan berhenti apalagi terlalu cepat puas dengan pencapaian yang sudah dilakukan. Harus tetap berinovasi karena kebutuhan transportasi tidak akan pernah berhenti,” demikian disampaikan Menteri Perhubungan EE Mangindaan usai menyaksikan pemberian Penghargaan Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2012 di Jakarta, Selasa (16/10).

inovasi mutlak diperlukan lantaran perkembangan di sektor transportasi sangat cepat dan mengikuti perkembangan di sektor lain serta mengikuti perkembangan teknologi. Kemajuan sektor transportasi juga tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi.
“Mereka (Unit Pelayanan Publik) yang terpilih ini adalah mereka yang cepat mengantisipasi kemajuan itu sendiri. Saya himbau agar terus untuk melakukan inovasi," ujarnya.

Menhub mengatakan dari inovasi tersebut bahkan bisa mengubah regulasi yang ada. Menurutnya dalam waktu satu sampai tiga tahun kedepan perubahan regulasi dimungkinkan seiring cepatnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam kesempatan tersebut, Menub juga mengemukakan, transportasi di Indonesia telah mampu mendukung dan mendorong pertumbuhan perekonomian. Bahkan di pertemuan PPB di New York, AS, Indonesia banyak menerima pujian lantaran mampu mengatasi beberapa kali hantaman resesi ekonomi pada tahun 2003 dan 2008 lalu serta saat ini.

Peningkatan kualitas layanan menurut Menhub juga harus diperhatikan, karena kepercayaan di sektor transportasi bisa menurun apabila kualitasnya juga menurun. Misalnya saja dalam kegiatan transportasi angkutan kargo atau barang terutama apabila mengirim ternak.

Dalam antisipasi angkutan ternak, ditambahkan Menhub maka harus disiapkan moda yang sesuai dengan kebutuhan angkutannya, sehingga mulai dari titik keberangkatan hingga tiba di titik tujuan ternak masih dalam keadaan segar dan sehat dan siap diperjualbelikan.

Pada rangkaian acara pemberian Penghargaan Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2012 tersebut, ditetapkan sebanyak 118 Unit Layanan memeroleh penghargaan berdasarkan penilaian dari 132 unit Pelayanan Publik (UPP)yang ada di seluruh Indonesia.

Berdasarkan urutannya  dari 14 kategori, sebanyak 22  UPP mendapatkan Penghargaan Pelayan Prima Utama, 69 UPP Penghargaan Prima Madya, dan sebanyak 27 unit UPP mendapatkan Penghargaan Pelayanan Prima Pratama.  (CHAN)

Berikut daftar lengkap peraih penghargaan Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2012 yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perhubungan.:

files/media/file/Daftar Peraih Penghargaan.pdf