Sembilan Rekomendasi EKKTKhusus Transportasi Udara
A. Aspek Kelembagaan
- Pembenahan menyeluruh organisasi regulator. Tempatkan the right man on the right place
- KNKT sebagai Badan Independen langsung dibawah kendali Presiden, seperti NTSB di Amerika
- Integrasi Manajenemen pengelolaan traffig control yang terpecah dalam lima kendali, menjadi one single provider mirip institusi sejenis di Australia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.
B. Aspek Interaktif Regulator dan Operator
- Program peningkatan kredibilitas dan kompetensi personel pengelola regulasi. Membangun citra bahwa licensi dan perizinan yang dikeluarkan regulator didasarkan pada peraturan dan regulasi, bukan karena praktek negoisasi dan jual beli
- Pembenahan Manajemen Operator transportasi. Likuidasi operator yang abaikan peraturan dan regulasi keselamatan
- Meningkatakan profesionalisme keahlian pilot dan teknisi. mengembangkan sistem dukungan suku cadang bagi perawatan pesawat terbang
C. Aspek Perbaikan Sarana dan Prasarana
- Segera melakukan modrenisasi peralatan radar dan sarana komunikasi di air traffic control
- Meningkatkan kualitas sarana keselamatan penerbangan yang di-instaled di pesawat terbang dan sarana penanggulangan kecelakaan di Bandara
- Meningkatkan kualitas personel dan sarana keselamatan dan keamanan di Bandara
Sumber : Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi