(Jakarta, 31/1/2013) Imbauan Kementerian Perhubungan agar maskapai penerbangan nasional membantu para calon penumpang Batavia Air yang dipailitkan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat direspon positif.

Sejumlah maskapai menyatakan siap membantu calon penumpang  yang telah memiliki tiket Batavia Air untuk terbang. Mereka juga membuka konter di depan loket Batavia Air dan melakukan pencatatan tujuan calon penumpang.

"Kemenhub menyampaikan apresiasi atas bantuan dan dukungan maskapai peneerbangaan lain yang bersedia mengangkut calon penumpang Batavia Air," kata Kapuskom Publik Kemenhub Bambang S Ervan.            

Mulai 1 Februari 2013 Mandala Air melayani empat rute penerbangan yang dilayani Batavia Air yaitu Jakarta – Pekanbaru (2 kali sehari), Jakarta-Padang (1 kali sehari), Jakarta-Surabaya  (1 kali sehari), Jakarta- Singapura (2 kali sehari) dengan A-320 dengan kapasitas 180 seat.

Pihak Mandala Air hanya akan memproses booking ulang hingga tanggal 28 Februari 2013. Adapun
Penerbangan disediakan dalam periode 3 bulan sejak 1 Februari hingga 30 April 2013

Dokumen yang harus dibawa saat pengurusan re-booking adalah print tiket resmi, identitas resmi (KTP atau Paspor) dan hal Lain yang harus diperhatikan. Adapun untuk bagasi yang diizinkan maksimum hingga 20 kg. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku.

Sriwijaya Air juga memberikan pelayanan di rute–rute sama yang dimiliki Batavia Air. Sriwijaya Air membuka counter terminal 1 C Bandara Soekarno–Hatta dengan menggunakan laptop. Calon penumpang yang telah memiliki tiket Batavia Air juga bisa menggunakan Express Air untuk rute Yogyakarta- Pontianak, Pontianak – Batam, Jakarta-Tanjungkarang, dan Batam- Tanjungkarang masing–masing satu kali sehari. (JO)