(Yogya, 20/2/2010) Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono, Jum’at 19 Februari 2010 melakukan kunjungan kerja ke Yogyakarta. Dalam kunjungan kerja tersebut Wamenhub didampingi Staf Ahli Menteri Perhubungan Iskandar Abubakar, Sesditjen Perkeretaapian Nugroho Indrio, Direktur BSTP Ditjen Perhubungan Darat Elly Sinaga dan Kapuskompublik Bambang S. Ervan.

Serangkaian kegiatan dilakukan Wamenhub dalam kunjungan kerja kali ini, begitu sampai di Yogyakarta jum’at sore  Wamenhub langsung memimpin rapat kerja tentang evaluasi penyelenggaraan angkutan  penghubung di Bandara Adisutjipto Yogyakarta.  Kegiatan rapat dilaksanakan di ruang rapat Bandara Adisutjipto dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan DI Yogyakarta, pejabat PT Kereta Api , pejabat PT Angkasa Pura I, Direktur PT Trans Jogya serta wakil dari PT Damri. Pada kesempatan tersebut Kadaop VI PT Kereta Api berkesempatan melakukan presentasi tentang penyelenggaraan kereta komuter Prameks yang melayani Solo-Jogya-Kutoarjo dan berhenti pula di Bandara Adisutjipto.  Kereta Prameks merupakan salah satu moda penghubung di Bandara Adisutjipto yang saat ini menjadi primadona masyarakat pengguna jasa di wilayah ini.

Setelah rapat kerja yang berakhir petang itu, Wamenhub langsung melakukan peninjauan pelayanan Kereta Api Prameks, dengan menumpang kereta tersebut dari Bandara Adisutjipto ke Stasiun Tugu. Wamenhub beserta rombongan berbaur dengan para penumpang Kereta Prameks yang waktu petang tersebut cukup padat. Kesempatan itu dimanfaatkan pula oleh Wamenhub untuk berdialog dengan para penumpang. Secara umum penumpang menyatakan kepuasannya atas keberadaan Kereta Prameks tersebut karena sangat memudahkan mobilitas mereka dengan murah dan cepat. Sebaliknya Wamenhub juga sempat menyatakan apresiasinya ketika melihat ketertiban para penumpang, diantaranya tidak ada perokok, pengamen dan vandalisme di kereta tersebut.

Direncanakan pagi ini, Sabtu 20/10/2010 Wamenhub akan meninjau Balai Yasa PT Kereta Api yang berada di Lempuyangan Yogyakarta. Setelah meninjau salah satu bengkel perawatan PT Kereta Api tersebut Wamenhub dijadwalkan kembali ke Jakarta. (BRD)