Syahbandar Utama Belawan bersama marine inspector dari Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan melakukan uji petik terhadap kapal penumpang yang berada di terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan pada hari ini Selasa 10 Mei 2016. Pemeriksaan ini diutamakan untuk kapal-kapal yang melayani penumpang, kapal penumpang yang sedang sandar adalah KM. Kelud GT. 14665 dengan kapasitas total penumpang 1906 orang, tujuan Batam dan Tanjung Priok yang dioperasikan oleh PT. Pelni.

Pemeriksaan keselamatan kapal penumpang ini untuk menjamin keselamatan pelayaran, sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan dan Plt Direktur Jenderal perhubungan Laut untuk selalu menjamin keselamatan pelayaran.

Dalam pelaksanaan uji petik ini dilakukan pengujian terhadap peralatan dan perlengkapan keselamatan pelayaran dikapal antara lain lifeboat, life jacket, alat pemadam kebakaran dan peralatan navigasi serta radio.

Pemeriksaan lifeboat yang berjumlah 12 buah dilakukan pengecekan satu persatu kondisi fisik dan perlengkapannya, kemudian dipilih secara acak satu buah lifeboat untuk ditest. Dipilih lifeboat No. 4 yang berada disisi laut untuk dites.

Ir. Abdul Azis, MM melihat kondisi ruang penumpang kelas ekonomi dan melakukan wawancara dengan penumpang. Syahbandar juga menyempatkan diri untuk untuk mencoba fasilitas olahraga untuk penumpang yang disediakan di KM. Kelud.

Crew kapal diminta untuk mempraktekkan penggunaan life jacket dengan benar untuk memastikan kesiapan crew dan penumpang dalam menghadapi keadaan darurat.

Pengecekan alat pemadam kebakaran dengan meneliti satu persatu peralatan pemadam kebakaran yang ada dikapal dan mencoba secara acak satu buah fire hydrant dengan menggunakan emergency fire pump.

Peralatan navigasi dan radio dicek oleh Marine Inspector Radio untuk memastikan peralatan berfungsi dengan baik dan dapat digunakan apabila terjadi kondisi darurat sesuai dengan fungsinya.

Hasil Uji Petik

Peralatan dan perlengkapan keselamatan pelayaran di kapal KM. Kelud berfungsi dengan baik. Diharapkan crew dan operator selalu mempertahankan latihan keselamatan secara rutin yang selama ini dilaksanakan.