929 PERWIRA TRANSPORTASI KEMENHUB RESMI DILANTIK, DIGADANG HADIRKAN SOLUSI UNTUK PERMASALAHAN SEKTOR TRANSPORTASI

JAKARTA - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono melantik 929 Perwira Transportasi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) 2023 di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah, Selasa (12/9) pagi. Profil wisudawan yang dilantik terdiri dari 254 orang Pola Pembibitan Pusat, 656 orang Pola Pembibitan Daerah, dan 19 orang Alih Jenjang.

Dalam sambutannya, Djoko mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilan dan prestasi yang telah diraih. “Upacara wisuda hari ini merupakan bukti keseriusan, kerja keras, dan dedikasi selama menjalani pendidikan. Semoga para wisudawan senantiasa meraih kesuksesan pada setiap langkah, tugas, dan pengabdiannya,” ujar Djoko.

Tak lupa, Djoko juga berpesan kepada para wisudawan agar terus memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik, dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia pun berujar bahwa tantangan transportasi jalan di Indonesia ke depan akan semakin berat.

Tingkat kecelakaan lalu lintas yang tinggi, angkutan publik yang semakin tidak diminati, dan kompetensi pengemudi yang belum terkelola dengan baik merupakan sebagian dari pekerjaan rumah Kementerian Perhubungan. Karenanya, dibutuhkan strategi yang terukur dan akuntabel, serta mempertimbangkan berbagai aspek dalam merumuskan solusi yang tepat.

“Untuk itu, para wisudawan yang telah digembleng di PTDI-STTD diharapkan mampu memberi kontribusi yang positif,” jelas Djoko.

Lebih lanjut, Djoko juga menyinggung tahun 2045 yang sering disebut sebagai “Indonesia Emas” di hadapan para wisudawan. Pada tahun tersebut, sejumlah ahli memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi negara maju dengan ekonomi terkuat keempat di dunia, bersaing dengan Amerika Serikat, China, dan India.

“Semua itu tidak akan bisa menjadi kenyataan tanpa kerja keras dan kerja cerdas. Untuk itu, teruslah kalian mengasah kemampuan, keterampilan, dan disiplin diri,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur PTDI-STTD Ahmad Yani, A.T.D., M.T., menyampaikan laporan pendidikan tahun akademik 2022/2023 kepada Djoko selaku inspektur upacara. Ia menyebutkan bahwa 929 Perwira Transportasi Darat yang dilantik merupakan lulusan dari sejumlah program studi, seperti Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan Alih Jenjang, Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan, Prodi Manajemen Transportasi Jalan Diploma Tiga, serta Prodi Manajemen Transportasi Perkeretaapian Diploma Tiga.

Setelah upacara pelantikan, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada sejumlah anak yatim. Foto bersama dan defile dari Perwira Transportasi Darat yang dilantik pun sukses menutup rangkaian acara. (OB/SHL/HG)