PALEMBANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan kepada masyarakat pentingnya penggunaan life jacket, tujuannya agar masyarakat lebih mawas diri terhadap keselamatan dalam transportasi. Hal tersebut disampaikan Menhub saat membagikan life jacket kepada masyarakat di sekitar Dermaga 16 Ilir Palembang, Minggu 27 Mei 2018.

"Tadi saya bertanya kepada nakhoda kapal kecil, mereka menempuh perjalanan bisa 2 sampai 7 jam. Suatu perjalanan yang panjang dan saya pikir pelayaran rakyat ini adalah kearifan lokal namun Kementerian Perhubungan bersama Pemda selalu memberikan perhatian khususnya mengenai keselamatan," jelas Menhub Budi.

Menhub menyampaikan kepada nakhoda kapal kecil akan pentingnya keselamatan, dalam hal ini adalah penggunaan life jacket.

Menhub juga berpesan kepada operator agar terus memperhatikan keselamatan dan meminta kepada Dinas Perhubungan setempat memperhatikan dan menjaga keselamatan.

"Dalam kesempatan ini saya berpesan kepada operator dalam hal ini Usaha Kecil Menegah (UKM) agar terus memperhatikan keselamatan oleh karenanya saya meminta Dinas Perhubungan untuk memperhatikan dan menjaga keselamatan," urai Menhub Budi.

Menhub menegaskan pemerintah akan konsisten untuk terus meningkatkan keselamatan dalam transportasi khususnya angkutan pelayaran rakyat ini.

"Pelayaran rakyat merupakan salah satu moda transportasi yang masih digunakan oleh masyarakat banyak, oleh karenanya kita akan terus konsisten untuk meningkatkan keselamatan bagi kapal-kapal kecil tersebut," ujar Menhub Budi Karya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Umiyatun Hayati dan Sesbadan Sumber Daya Manusia Perhubungan Masrono Yugihartiman. (MM/TH/RK/BI)