(Jakarta, 11/11/09) Menteri Perhubungan Freddy Numberi secara resmi membuka Rapat Kordinasi Teknis Penelitian Transportasi yang digelar di Ruang Mataram, kantor Dephub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/11).



Rapat yang diharapkan bisa membuahkan peningkatan sinergi penelitian dan pengembangan dalam rangka mewujudkana sistem transportasi nasional yang efektif dan efisien tersebut, akan dilaksanakan 11-13 November 2009, di Cimacan, Cianjur, Jawa Barat.


 
Menhub dalam pidato sambutannya mengatakan, untuk membangun sistem transportasi nasional yang mapan, dibutuhkan integritas antara pusat dan daerah yang didasari pada kualitas kehidupan. ”Jika tidak, pasti akan sulit direalisasikan,” jelasnya.


 
Sebagaimana yang diamanatkan Presiden, Menhub menambahkan, ke depan fokus terhadap sarana dan infrastruktur transportasi laut akan lebih ditingkatkan. Hal tersebut, menurutnya, untuk memperkuat posisi Indonesia sebagai negara kepualauan.


 
”Sektor perhubungan laut harus menjadi ranah utama, karena seperti yang dikatakan Presiden, kepulauan sebagai keniscayaan. Kalau sekarang, orientasinya masih darat,” ujar Menhub.


 
Menhub berharap, dengan adanya rakornis tersebut, setiap kebijakan-kebijakan yang dibuat dalam mengembangkan sistem transportasi harus selalu berdasar pada penelitian dan pengembangan (Research and Development).


 
”Jadi, kebijakan yang diambil tidak akan mengada-ada dan meraba-raba. Misinya juga harus misi jangka panjang, hundred years,” tegas Menhub.


rakornis penelitianPada Rakornis yang mengambil tema ”Rakornis Penelitian Transportasi 2009, Kita Upayakan Pemantapan Sistem Transportasi Nasional Yang Efektf dan Efisien” tersebut, hadir Wakil Menhub Bambang Susantono yang baru saja dilantik Presiden SBY, Sekjen Dephub M Ikhsan Tatang, seluruh Dirjen, Kepala Badan Diklat dan Kepala Badan Litbang, termasuk seluruh pejabat eselon I Departemen Perhubungan.


 
Maksud dan tujuan tujuan digelarnya rakornis ini adalah, pertama, untuk meningkatkan kegiatan penelitian dan pengembangan secara terkoordinasi dengan lembaga penelitian kementerian dan lembaga terkait, pemerintah provinsi, akademisi, serta badan usaha dan asosiasi di bidang transportasi.


 
Tujuan lain adalah, memeriksa posisi terhadap pelaksanaan hasil Rakornis tahun 2008 serta harmonisasi dan meningkatkan sinergi pelaksanaan studi penelitian transportasi. Selain itu adalah mengembangkan kegiatan penelitian transportasi melalui sinergi dan kerjasama dalam rangka inovasi sistem transportasi nasional.


 
Sekjen Dephub M Ikhsan Tatang akan menjadi pembicara dalam acara tersebut, dengan pokok bahasan mengenai aktualisasi Sistranas dalam perspektif sistem pembangunan perhubungan menyongsong RPJMN 2010-2014.


 
Pembicara lainnya adalah Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perkeretaapian, Kepala Badan Litbang Dephub, Kepala Badan Diklat Dephub, Ketua  Dewan Riset Nasional, serta Dirjen Bina Marga Departemen PU.


Peserta Rakornis ini adalah para pejabat di lingkungan Dephub, Dishub Provinsi, Balitbang daerah, pakar perguruan tinggi dan instansi terkait yang memiliki relevansi langsung dalam upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan transportasi dan peneliti. Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 250 orang. (DIP)