(Jakarta, 22/06/2010) Kerjasama antara Indonesia dan Australia dalam bidang keselamatan dan pelayanan transportasi khususnya udara dinilai berlangsung baik. Hal tersebut disampaikan Dubes Australia Bill Farmer saat ditemui di  Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (22/6) usai bertemu Menteri Perhubungan Freddy Numberi dalam rangka akhir tugasnya sebagai dubes.

We’ll be negotiating in a new agreement in July because at the moment the agreement permites to serve number of passangers between the countries age periodes. We are now at that limit. So we both agree we want to re-negotiate to allow more services because that’s what public wants. So it’s a positive story,” jelas Farmer. Saat ini antara Australia dan Indonesia telah memiliki 118 penerbangan per minggu dan jumlah itu mendekati jumlah maksimum dari ijin pelayanan udara yang tengah berlaku. Farmer juga meyakini hal tersebut akan menjadi lebih berkembang seiring dengan perkembangan pariwisata dan bisnis perjalanan.

Farmer menambahkan bahwa pemerintah Australia dan Indonesia setuju melanjutkan kerjasama dalam bidang keamanan bandar udara khususnya Bandara Soekarno Hatta dan Denpasar. Farmer menambahkan bahwa dirinya dan Menhub mendiskusikan kerjasama yang telah berlangsung dan akan segera melanjutkan diskusi tentang wajah baru keselamatan tranportasi di jalan, penyeberangan, dan udara.

Dalam pertemuan tersebut, Menhub turut didampingi oleh Zulkarnain Oeyoeb (Irjen Kemenhub) selaku pelaksana harian Sesjen Kemenhub, Direktur Bandar Udara Kemenhub Bambang Tjahyono, dan Kepala Bagian KSLN Kemenhub F.X Budi Prayitno. (ARI)