JAKARTA – Ajangbalapan perahu cepat (speed boat race) serupa ajang jet darat Formula 1 berlevel dunia yakni F1 Powerboat (F1H2O) World Championship bakal digelar di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara akhir minggu ini. Seri balap Power Boat F1H20 Lake Toba diperkirakan menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata domestik maupun wisatawan mancanegara.

Ajang F1 Powerboat (F1H2O) World Championship ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk terus menggenjot sektor pariwisata sebagai lokomotif pemulihan ekonomi nasional 2023-2024, melalui penanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Kemenhub Mengambil Peran

Kementerian Perhubungan sebagai salah satu pemangku kepentingan di bidang transportasi, menjadi bagian yang tak terelakkan dari ajang besar ini dan siap menyukseskan penyelenggaraan F1 Power Boat Lake Toba, dengan memberikan kemudahan layanan mobilitas orang/wisatawan dan kendaraan ke tujuan/dari lokasi F1H20 dengan manajemen pengaturan lalu-lintas saat gelaran balap F1 Powerboat Lake Toba tersebut berlangsung.

Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub, Hendro Sugiatno usai lawatannya ke lokasi F1H20 menjelaskan pihaknya melalui Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Hubdat akan bekerjasama dengan para pengatur kebijakan lalu lintas jalan di Provinsi Sumut dan Kabupaten Toba untuk menyusun rencana alur/rute kedatangan/kepergian para wisatawan dari berbagai pintu masuk menuju Lokasi F1H20 di kawasan Kota Balige. “Kami berupaya agar kondisi lalu lintas di rute ajang balap F1 Powerboat Lake Toba lancar”, ujar Dirjen Hendro seperti yang dikutip berbagai media beberapa waktu lalu

Untuk antisipasi lonjakan kedatangan wisatawan, Dirjen Hendro merencanakan akan melakukan penambahan jadwal angkutan integrasi dengan mengerahkan armada 30 bus melayani antar-moda dari berbagai daerah menuju Kota Balige mendukung transportasi menuju ke/dari lokasi balap F1 Power Boat Lake Toba.

Pejabat Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, seperti yang dikutip media mengungkapkan, saat ini dari Bandara Internasional Silangit menuju Kota Balige sudah tersedia layanan Bus DAMRI terjadwal dan jumlahnya akan dilakukan penambahan sesuai dengan jumlah kedatangan wisatawan ke lokasi acara F1H20 di kawasan Pelabuhan Raja Mulia Napitupulu di Kota Balige Kabupaten Toba.

Dukungan kesiapan prasarana pelabuhan untuk kapal penyeberangan di Danau Toba juga telah disiapkan dan disiagakan, yang siap mendukung pelaksanaan F1H2O meliputi sejumlah pelabuhan, seperti Pelabuhan Balige, Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Ambarita, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Tongging, Pelabuhan Simanindo, dan Pelabuhan Bakara - yang baru beroperasi.

Untuk angkutan penyeberangan (kapal/ferry) buat wisatawan dan kendaraan, ada sejumlah KMP yang beroperasi di Danau Toba, telah tersedia 5 kapal pendukung seperti KMP Asa-Asa, KMP Jurung-Jurung, KMP Kaldera Toba, KMP Pora-Pora, dan KMP Ihan Batak.

ASDP Bersiaga

Perusahaan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) pun telah bersiaga menjadi bagian dari suksesnya event besar ini dengan menyiapkan layanan penyeberangan kapal ferry melalui dua pelabuhan yang dikelolanya di kawasan Danau Toba yakni Pelabuhan Ambarita dan Pelabuhan Ajibata.

Pihak ASDP menyiapkan dua kapal ferry, di mana setiap hari ada empat trip penyeberangan dari Pelabuhan Ambarita dan empat trip dari Pelabuhan Ajibata, sehingga total trip yang dioperasikan selama ajang F1H20 ada sebanyak 16 trip penyeberangan per hari dengan harapan mobilitas pengunjung/wisatawan domestik dan mancanegara dapat terlayani dengan baik selama event berlangsung.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy, seperti yang dikutip media nasional menuturkan, ASDP optimis dapat mendukung kelancaran perhelatan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat ini karena telah memiliki pengalaman melayani pengguna jasa penyeberangan berlevel dunia saat gelaran MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di DPSP Mandalika, NTB lalu. "Tentu kami akan meningkatkan layanan bagi pengguna jasa penyeberangan dengan memaksimalkan operasi kapal dan mempersingkat waktu pelayanan di dermaga saat gelaran F1H2O," cetusnya.

Jadwal Penerbangan Akan Ditambah

Sementara untuk jalur udara, transportasi udara menuju Bandara Internasional Silangit telah tersedia maskapai Garuda Indonesia dan Citilink dan berencana akan menambah jadwal penerbangan untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang.

Sementara dari sisi akomodasi, hotel-hotel yang dimiliki BUMN maupun swasta sebagai tempat menginap para wisatawan, menurut sejumlah sumber dari panitia telah dikondisikan dapat menampung lonjakan wisatawan yang akan menikmati ajang event tersebut.

Mari Menikmati Event Monumenal Ini

Event FI Powerboat Lake Toba yang akan berlangsung tanggal 24 – 26 Februari 2023 merupakan event fonumenal bagi dunia pariwisata nasional. Event balapan boat ini dapat dinikmati di tiga lokasi viewing point. Pertama, dapat dinikmati di Lapangan Sisingamangaraja di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu. Di lokasi ini disediakan 2.000 tempat duduk yang dibagi menjadi tiga tribun, yakni grand stand A, grand stand B, dan grand stand C. Harga tiket di lokasi ini dijual Rp 500 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day). Viewing points keduaterletak di Bukit Pahoda yang ditargetkan bisa menampung 1.500 penonton. Tiket yang dijual untuk lokasi ini sebesar Rp 50 ribu untuk dua hari (qualification day dan race day).

Viewing points ketiga terletak di Lapangan Mini Soposurung, yang juga akan diadakan gelaran Toba Festival atau pesta rakyat, yang dapat diakses oleh semua pengunjung/wisatawan, menampilkan berbagai hiburan tradisional daerah Sumut, hingga parade produk-produk seni kerajinan UMKM. Di tempat ini akan ditampilkan artis-artis lokal maupun nasional – putera/puteri berasal dari daerah Toba/Sumut dan ada banyak aktivitas seni/budaya Toba lain yang disajikan mulai jam 14.00 siang sd jam 21.00 malam. (IS/AS/RY/HG)