Jakarta – Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2021 diperingati oleh insan perhubungan dengan menggelar serangkaian kegiatan positif terkait sektor transportasi mulai tanggal 1 hingga hari H pada 17 September 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka kegiatan kick off acara Harhubnas 2021 yang berlangsung secara virtual disaksikan para insan perhubungan di Indonesia dan para pemangku kepentingan di sektor transportasi.

Menhub menyampaikan apresiasinya kepada seluruh insan transportasi yang selama ini telah bekerja keras, di tengah berbagai disrupsi yang terjadi di sektor transportasi seperti pandemi Covid-19, digitalisasi, dan perubahan kebijakan di industri sektor transportasi di dalam maupun di luar negeri.

Menhub Budi juga mengajak insan perhubungan menjadikan Harhubnas sebagai momentum untuk terus berinovasi dan berkreasi menghadapi perubahan dan disrupsi yang terjadi. “Kita harus mengubah mulai dari pola pikir, pola kerja, pola organisasi, reformasi digitalisasi, dan menciptakan etos kerja baru,” ajak Menhub.

Secara khusus, Menhub mengapresiasi para insan transportasi yang telah turut mendukung program vaksinasi massal dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. “Presiden meminta kita membuat road map bagaimana proses penanganan pandemi dilakukan dan masing-masing sektor harus berkreasi, termasuk sektor transportasi,” ungkap Menhub.

Perluas Networking

Menhub juga menghimbau insan transportasi untuk memiliki jejaring (networking) tidak hanya di wilayah domestik tetapi juga di mancanegara, untuk mengantisipasi perkembangan terkini industri transportasi yang sedang menjadi tren di dunia, seperti pemakaian energi listrik dan aplikasi digital.

Dan yang terpenting buat insan transportasi, Menhub mengajak mereka bekerja dengan hati untuk melayani masyarakat, dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa transpotasi yang baik. “Momen Harhubnas bukan sekedar selebrasi, tetapi jadikan suatu momentum yang berarti bagi insan perhubungan, organisasi, bangsa dan negara, dan masyarakat,” tutup Menhub.

Bergerak Harmonikan Indonesia

Senada dengan Menhub, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi selaku ketua Panitia Harhubnas Tahun 2021 menambahkan, peringatan Harhubas pada 17 September merupakan momentum penting untuk mengenang suatu peristiwa bersejarah di bidang transportasi dalam mewujudkan konektivitas di Indonesia.

Pada tahun 2021 ini, Dirjen Budi menjelaskan pelaksanaan Harhubnas mengusung tema “Bergerak, Harmonikan Indonesia”. Melalui tema ini diharapkan insan perhubungan yang terdiri dari berbagai unsur seperti Kemenhub, Pemerintah Daerah, BUMN maupun stakeholder lainnya dapat bersinergi dengan baik sehingga mampu membuat perubahan bagi sektor transportasi dengan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Indonesia.

Dirjen Budi menjelaskan sejumlah kegiatan yang akan dilakukan selama masa peringatan Harhubnas Tahun 2021, yakni Ziarah (Doa dan Renungan); Upacara Harhubnas 2021; Bakti Sosial dan Kebersihan Lingkungan; Donor Plasma Konvalesen di lingkungan Kementerian Perhubungan; Webinar Perhubungan Mengajar; Peresmian Sarana Prasarana Transportasi; Webinar Keselamatan Transportasi; Peluncuran Buku Transportasi; Dialog Publik; Lomba Video/Film Pendek Keselamatan Transportasi dan Tiktok terkait Transportasi; Anjangsana/Silaturahmi ke kediaman Menteri Perhubungan terdahulu; dan Penandatanganan proses P3D Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan Pemprov Jawa Timur.

Selain itu, Dirjen Budi berharap tema dan logo Harhubnas 2021 dapat membawa perubahan dalam bentuk Inovasi dan kreasi untuk menciptakan sebuah harmoni keindahan yang berpadu dalam semangat kebangsaan.

“Kami mengajak semua insan perhubungan dan para stakeholder di sektor transportasi untuk ikut dalam kegiatan Harhubnas pada bulan September 2021, yang akan membawa perubahan besar terhadap transportasi nasional dengan memberikan layanan prima buat masyarakat,” ujar Dirjen Budi

Dirjen Budi juga menambahan layanan prima yang dimaksud adalah hadirnya peran Kemenhub sebagai regulator transportasi dalam mengatur pelayanan transportasi yang selamat, aman, nyaman dan sehat. (IS/AS/HG/HT/JD)