(Bangkok, 14/12/09) Delegasi Indonesia hadiri Sidang Pejabat Senior Pemerintah (Meeting of Senior Government) dalam rangka Forum Pertemuan Para Menteri Transport Asia - United Nations (UN)-Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) yang berlangsung di Bangkok, Senin (14/12). Sidang Senior Government UN-ESCAP tersebut dibuka oleh Permanent Secretary, Ministry of Transport of Thailand dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 16 Desember 2009, kemudian akan dilanjutkan Pertemuan Para Menteri Transport Asia-UN ESCAP pada tanggal 17-18 Desember 2009.



Delegasi yang hadir dalam acara pembukaan sidang tersebut adalah delegasi dari negara-negara : Afghanistan, Armenia, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Cambodia, China, Democratic People's Republic of Korea, India, Indonesia, Japan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philippines, Republic of Korea, Russian Federation, Sri Lanka, Tajikistan, Thailand, Turkey, USA, Uzbekistan, dan Czech Republic.



Delegasi dari Indonesia yang hadir dalam sidang tersebut dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian, Ir. Asril Syafei sedangkan pejabat lainnya adalah : Kasubdit Deseminasi, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Besti Ernani; Kabid Media Massa dan Opini Publik, J. A. Barata; Kasi Kerjasama Multilateral dan Lembaga Internasional, Ditjen Perhubungan Udara, Agus Subagyo. Kasubag Dokumentasi dan Jaringan Hukum, Ditjen Hubdat, Dinaryati.



Rencananya, Forum Pertemuan Para Menteri Transportasi Asia - UN ESCAP dari Indonesia akan dihadiri oleh Wakil oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono.



Selain dihadiri oleh delegasi perwakilan negara, sidang ini juga dihadiri oleh perwakilan beberapa badan dunia yaitu : United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), United Nations Environtment Programme (UNEP). Sementara perwakilan khusus dan organisasi terkait yang juga hadir adalah  World Bank, Asian Development Bank (ADB), European Commission (EC), International Union of Public Transport (UITP). Non-Governmental Organizations (NGO) yang hadir : Asian Institute of Transport Development (AITD), International Air Transport Assosiation (IATA), International Roads Assessment Program (IRAP), International Union of Railways (UIC), Gif Research Foundation Japan, International Forum for Rural Transport and Development (IFRTD), Japan International Cooperation Agency (JICA), Japan International Transport Institute (JITI), Korea Maritime Institute (KMI).



Acara hari pertama ini melangsungkan beberapa kegiatan :



- Pemilihan Ketua Sidang;


- Penyusunan Agenda;


- Diskusi tentang me-review tentang pelaksanaan dari Deklarasi Busan terhadap pengembang transport di Asia-Pasifik dan pelaksanaan program regional untuk pengembangan transportasi Asia-Pasifik tahap I (2007-2011).


- Diskusi tentang isu-isu menonjol di bidang transportasi, yaitu: Transport infrastucture; transport and development; transport and poverty; transport and environtment; transport and society. (JAB)