(Purwokerto, 11/08/09) Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menyatakan, pembangunan jalur ganda (double track) Patuguran-Purwokerto sepanjang 34,897 KM telah selesai dikerjakan dan siap untuk mendukung penyelenggaraan angkutan Lebaran 2009.  Pernyataan itu disampaikan Menhub saat melakukan inspeksi persiapan jalur angkutan Lebaran 2009 di Jawa Barat dan Jawa Timur di Stasiun Purwokerto, Selasa (11/8).

Menhub yang didampingi Dirjen Perhubungan Darat Soeroyo Alimoeso dan Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan, memulai inspeksi di hari keduanya itu dengan mengecek jalur KA ganda (double track) kereta api sepanjang 15 KM dengan menggunakan kereta lori dari Stasiun Purwokerto hingga Stasiun Karangsari.

Jalur ganda yang ditelusuri Menhub tersebut merupakan jalur yang baru saja dibangun pemerintah. Jalur ini menjadi bagian dari proyek revitalisasi perkeretaapian yang dilakukan Dephub secara bertahap dan berkelanjutan sejak 2008 (multiyears). Pada tahap pertama yang menggunakan dana APBN 2008/2009, telah berhasil dibangun jalur ganda sepanjang 34,897 KM dari Stasiun Purwokerto hingga Stasiun Patuguran.

”Perlintasan ini baru selesai dikerjakan, dan Insya Allah sebentar lagi akan kita resmikan. Tetapi telah dioperasikan sejak Juni lalu, dan dapat digunakan untuk memperkuat angkutan KA pada sat masa mudik Lebaran nanti,” kata Menhub.

Pembangunan tahap kedua jalur ganda akan dilanjutkan dari Stasiun Patuguran hingga Stasiun Prupuk di Brebes sepanjang 30,974 KM dengan sumber pendaan berasal dari stimulus fiskal Dephub tahun 2009. Total jalur yang tersisa antara Patuguran dan Prupuk tersebut akan melintasi tiga stasiun, yaitu Stasiun Kretek, dan Bumiayu.

Dirjen Perkeretaapian Tundjung Inderawan menambahkan, pengerjaan jalur ganda untuk Patuguran-Prupuk saat ini memasuki tahap pengerasan tanah di sepanjang rute tersebut. ”Tahun ini kita hanya cukup waktu untuk melakukan pengerjaan tanah di sepanjang rute. Pengerjaan rel dan jembatan, masuk ke tahap pengerjaan tahun depan,” jelas Tundjung.

Menhub berharap, dengan penambahan rel dari Patuguran menuju Purwokerto tersebut, tidak akan ada lagi keluhan masyarakat tentang  keterlambatan jadwal perjalan KA pada saat masa lebaran tiba. Usai mengecek jalur ganda Patuguran-Purwokerto, Menhub dan rombongan bergerak menuju perlintasan sebidang Sumpiuh di Banyumas, untuk kemudian melanjutkan inspeksinya ke Nagrek, Jawa Barat. (DIP)