(Madiun, 19/12/09) Menteri Perhubungan Freddy Numbery mengharapkan para kepala daerah agar memiliki visi jauh ke depan terkait dengan pembangunan transportasi. Pernyataan tersebut disampaikan Menhub ketika memberikan sambutan dalam peresmian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) “Madiun Jaya” Sabtu 19/12/09 siang di Kota Madiun.


“Lihat Madiun itu 100 tahun ke depan, jangan hanya satu dua atau lima tahun ke depan saja,” kata Menhub memberikan contoh. Usai menyaksikan sendiri industri perkeretaapian PT INKA di Madiun, Menhub menyatakan rasa bangganya terhadap potensi industri perekeretaapian yang dimiliki kota tersebut. Menhub juga menyambut baik inisiatif Pemerintah Kota Madiun menyediakan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan lembaga pendidikan perkeretaapian. Menurut Menhub dengan potensi yang ada saat ini diharapkan ke depan Madiun dapat memenuhi semua kebutuhan perkeretaapian di Indonesia. “Membangun itu harus dengan potensi besar sehingga akan ada perubahan dan kontinuitas,”  Kata Menhub


Pada sisi lain Menhub mengakui masih adanya kelemahan terkait dengan koordinasi antar daerah dalam pembangunan transportasi. “Bangsa ini (memang) belum mampu bersinergi dan berkoordinasi dengan baik, misalnya masalah tata kota (dan kaitannya dengan transportasi) merupakan suatu hal yang perlu kita pikirkan (pemecahannya) bersama, “ kata Menhub. Masalah lain yang masih dirasa sebagai kelemahan adalah kemampuan menjaga dan merawat, “Itu semua harus bisa diatasi agar masyarakat dapat menikmati (hasil) pembangunan itu sendiri,” lanjut Menhub.


KRDI Madiun Jaya yang diresmikan Menhub merupakan bagian dari program pengadaan sarana perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian tahun 2009. KRDI yang sepenuhnya merupakan hasil karya anak bangsa melalui PT INKA ini akan melayani rute lintas Surakarta-Madiun-Kertosono, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat komuter di sekitar wilayah ini.  Kereta jenis ini merupakan set kereta ke-empat yang diproduksi, dimana 3 set kereta sebelumnya telah efektif operasional melayani jalur-jalur komuter di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu KRDI Banyu Biru (lintas  Semarang-Solo-Sragen), KRDI Kaligung Baru (lintas Semarang –Tegal) serta KRDI “Blora Jaya” (lintas Semarang-Cepu-Bojonegoro).


Peresmian KRDI Madiun Jaya ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Menhub ke Yogya Sabtu 19/12/09. Perjalanan Menhub ke Madiun dilakukan dengan Kereta Api dari Yogya setelah pagi harinya meresmikan pengoperasian bus pemadu antar moda, yang digabungkan dengan acara penyerahan bus perintis dan pemberian penghargaan kepada PO terbaik angkutan lebaran 2009, di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. (BRD)