MoU on Establishing and Promoting Efficient and Integrated Sea Linkages berisi kesepakatan negara-negara anggota BIMP-EAGA untuk menyelenggarakan berbagai upaya dalam rangka memastikan keberadaan dan keberlangsungan jasa pelayaran komersial dalam wilayah rute perintis dan rute yang diprioritaskan (Designated Priority and Pioneer Routes). Didalamnya meliputi pemberian izin tarif pelabuhan sesuai dengan yang berlaku di masing-masing wilayah, promosi jasa pelayaran yang baru dan yang telah ada, dan pertukaran informasi dalam mengatur kapal-kapal non-convention.

MoU on Cross Border Movement of Commercial Buses and Coaches berisi kesepakatan mengenai pemberian izin bagi angkutan penumpang lintas batas negara-negara anggota BIMP-EAGA dengan menggunakan bus atau mobil serta izin transit pada titik-titik atau rute-rute debarkasi dalam wilayah kedaulatan negara-negara tersebut.

BIMP-EAGA sendiri merupakan kelompok sub regional dari ASEAN yang didirikan pada tahun 1994 dengan tujuan untuk meningkatkan perdagangan, pariwisata dan penanaman modal pada wilayah-wilayah yang termasuk BIMP-EAGA. Kedua MoU di atas merupakan lanjutan dari MoU on Expansion of Air Linkages yang ditandatangani pada the 3rd BIMP-EAGA Summit di Cebu, Filipina tanggal 12 Januari 2007 yang lalu. Penandatanganan ketiga MoU mengenai kerjasama jaringan transportasi darat, laut dan udara tersebut menandai kemajuan yang signifikan dalam perkembangan jaringan transportasi dalam wilayah BIMP-EAGA. Hal ini juga merupakan suatu langkah nyata dalam mewujudkan salah satu visi ASEAN Community 2015 yaitu mentransformasi ASEAN menjadi suatu single market dengan kebebasan pergerakan barang, jasa, investasi dan tenaga kerja.

The 5th ATM + Japan dan The 6th ATM + China merupakan bagian dari Sidang ke-13 ASEAN Transport Ministerial Meeting (The 13th ATM), yang secara resmi dibuka oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, tanggal 1 November 2007 di Raffles City Convention Centre, Singapura. Selanjutnya, The 14th ATM, The 6th ATM + Japan dan The 7th ATM + China direncanakan akan diselenggarakan pada bulan November 2008 di Manila, Filipina. (RD)