Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) nampak sumringah saat meninjau Pameran Hub Space x KAI Expo 2023 yang mengambil tema “Journey to Connect Indonesia” yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat, 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Saat berkeliling di lokasi acara, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah stand pameran yang menampilkan pencapaian sektor transportasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Di antaranya yang ditampilkan adalah Kereta Cepat Jakarta Bandung, atau yang sekarang disebut sebagai Kereta ‘Whoosh’, Gojek, Prestige Image Motocars (EHang 216), MRT Jakarta, Pertamina, hingga BookCabin.

Di salah satu stand Prestige Image Motocars, Presiden Jokowi sempat masuk dan duduk, mencoba merasakan nyamannya berada di dalam kabin taxi terbang (EHang 216), sementara CEO Prestige Aviation Rudy Salim menjelaskan, EHang 218 adalah taxi masa depan, sebuah drone taxi terbang yang mampu membawa dua orang penumpang mengudara tanpa pilot.

Presiden Joko Widodo juga sempat mendatangi stand Gojek. Gojek merupakan perintis ojek motor berbasis aplikasi di Indonesia.

Selanjutnya, di sela-sela kunjungannya, Presiden Jokowi gembira atas terwujudnya sebagian mimpinya tentang transportasi nasional modern yang kini mulai menjadi kenyataan.

Moda trasportasi massal umum berbasis rel modern (MRT dan LRT) serta Kereta Super Cepat (Kereta Cepat Jakarta Bandung) Whoosh, yang baru diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2023 lalu merupakan transportasi massal berbasis rel yang diidam-idamkan sejak lama kini telah terwujud dan menjadi kenyataan.

Transportasi Modern Bukan Lagi Mimpi

Menhub Budi Karya Sumadi sangat mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi dalam pameran tersebut. Presiden, lanjut Menhub, sangat menaruh perhatian. Menhub mengungkapkan, Presiden Jokowi mendengarkan penjelasan di sejumlah stand di Hub Space 2023, dan benar-benar memotivasi para stakeholder di transportasi nasional modern untuk terus berinovasi menyongsong tantangan masa depan

Menhub Budi Karya mengungkapkan, pameran Hub Space 2023 ini merupakan gambaran, cita-cita, mimpi, serta visi Presiden Jokowi tentang transportasi nasional modern. Mimpi dan visi itu kini mulai dapat terealisasi dan menjadi menjadi kenyataan.

Presiden Jokowi seperti yang disampaikan kepada Menhub, berharap transportasi massal modern dapat mengatasi masalah kemacetan yang menjadi momok setiap kota. Presiden juga mengungkapkan, Kementerian Perhubungan yang berada di bawah koordinasi Menkomarinvest Luhut Binsar Panjaitan telah meletakkan dasar-dasar transportasi massal nasional modern untuk keberlangsungan transportasi nasional masa depan yang penuh tantangan.

“Jadi jangan lagi macet karena kabinet ini dipimpin Pak Luhut, kita telah meletakkan dasar-dasarnya, ” ujar Presiden.

Dorong Perkembangan Transportasi Massal

Pameran Hub Space x KAI Expo 2023 memiliki arti penting dalam menyosialisasikan hasil-hasil pembangunan bidang transportasi sekaligus mengemban misi untuk mengedukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda Indonesia terkait dengan perkembangan moda transportasi nasional.

“Kami berharap pameran ini (Hub Space x KAI Expo 2023) dapat meningkatkan semangat dan minat generasi muda untuk ikut serta bersama pemerintah dalam mengembangkan transportasi massal di Indonesia,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Pak Presiden Jokowi, lanjut Menhub Budi, sangat surprise melihat apa yang dilaksanakan di Hub Space 2023. “Ini bagus untuk mendidik anak muda kita supaya punya semangat dan kemauan melakukan yang terbaik dengan rasa percaya diri,” ungkapnya.

Lantas, Menhub Budi pun mengatakan bahwa Presiden Jokowi saat itu juga langsung memberikan sejumlah tugas kepada Menhub untuk meningkatkan perkembangan transportasi masal di Tanah Air. Presiden meminta Menhub untuk mengajak sejumlah pemangku kepentingan untuk mewujudkan sekaligus melaksanakan tugas tersebut. Diharapkan dapat melibatkan kementerian /lembaga, pemerintah daerah, akademisi, hingga media. “Jadi banyak pekerjaan rumah yang menantang tetapi menyenangkan,” ujar Menhub.

Menhub Budi menambahkan, dahulu kita tidak terbayang bahwa perkembangan transportasi nasional seperti sekarang. Kemajuan angkutan massal berbasis rel modern seperti LRT Jabodebek dan kereta cepat Whoosh yang tertuang dalam Nawa Cita telah menjadi kenyataan. “Kita tentu ucapkan terima kasih pada semua pihak yang memberikan dukungan pada kita,” ucapnya.

Menhub juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk terus berkolaborasi membangun transportasi massal modern nasional masa depan menuju Indonesia maju. “Kita semua harus kompak, dan ingin terus membangun kebanggaan bagi insan Perhubungan. Amanah Pak Presiden, kita harus terus bekerja out of the box dan menuju indonesia maju 2045,” ujar Menhub. (IS/AS/SHL/HG)