JAKARTA – Pesatnya perkembangan teknologi canggih seperti – Internet of Things dan (IoT) dan Artificial Intellegence (AI) belakangan ini, membuat generasi muda digital atau gen Z dilanda kegalauan dalam menghadapi sistem pendidikan yang semakin rumit karena persaingan global.

Anak remaja era digital ini menjalani hidup yang sangat berbeda dengan masa konvensional. Mereka hidup pada abad XXI, di mana teknologi berubah sangat cepat sehingga tidak ada orang di dunia yang mengetahui secara pasti jenis pekerjaan yang akan tersedia di masa depan, sehingga menyebabkan mereka dirundung kegelisahan.

Proses pengembangan diri anak pelajar sangat mempengaruhi peluang mereka untuk meraih keberhasilan dalam studi, status sosial-ekonomi, kebahagiaan, dan harapan hidup. Anak-anak yang tidak memperoleh kesempatan pengembangan jati diri yang memadai, cenderung menjadi pribadi yang kurang percaya diri menghadapi masa depan.

Anak-anak generasi digital atau gen Z membutuhkan panduan pengembangan jati diri agar kelak mampu menghadapi tekanan dalam kehidupan sehari-hari, dengan membangun sikap hidup yang produktif di masa depan, serta dapat berpartisipasi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Cermin Diriku

Kementerian Perhubungan berupaya menghadirkan ruang pengembangan diri bagi anak remaja di bidang transportasi, dengan membangun sekolah dinas transportasi serta menerbitkan buku-buku cerita edukasi untuk anak remaja gen Z, generasi yang lahir pada tahun 1997 hingga tahun 2010.

Salah satunya, buku digital bertajuk “Cermin Diriku”. Buku ini menyajikan cerita yang terinspirasi oleh kisah perjalanan hidup insan transportasi Indonesia, dan dapat digunakan sebagai acuan pembelajaran bagi generasi muda yang berminat dan memiliki asa menjadi insan transportasi modern.

Terciptanya buku ini merupakan bagian dari respons Kemenhub, dan seiring dengan berkembangnya sektor transportasi modern. Buku ini ingin mengajak generasi muda untuk ikut aktif dalam mewujudkan struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berdaya saing, menjalankan pembangunan yang merata dan berkeadilan, serta mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui, generasi baru akan memegang kendali sektor transportasi. Mereka memiliki tugas yang tidak ringan dalam menciptakan konektivitas dan aksesibilitas transportasi yang baik yang mempercepat perkembangan ekonomi.

Karenanya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan arahan kepada siswa-siswa Sekolah Tinggi Transportasi (STT) Darat, Laut, dan Udara menyampaikan bahwa sektor transportasi nasional membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang dapat memberikan pelayanan terbaik, bekerja keras dan mampu berkolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini adalah sebuah keniscayaan.

Untuk membangun SDM tersebut, menurut Menhub, dibutuhkannya diseminasi. Diseminasi yang dimaksud berupa kegiatan menyebarluaskan ide/gagasan mengenai pengetahuan dan pemahaman dari generasi terdahulu kepada generasi terkini.

Menindaklanjuti arahan Menhub, Sekertariat Jenderal Kemenhub membentuk tim penulis dan penerbitan Buku bertajuk “Cermin Diriku” yang melibatkan para pihak dan narasumber untuk mengemas pesan tersebut dengan mengangkat kisah inspiratif perjalanan insan transportasi Indonesia.

Buku “Cermin Diriku” ini dilengkapi halaman pengembangan diri yang membantu anak belajar menemu kenali lingkungan sosialnya, keunikan, kekuatan, dan kelemahan dirinya. Melalui buku “Cermin Diriku” ini, para generasi Z atau pelajar SMU/SMK dapat belajar menggunakan kekuatan diri dan lingkungan sosialnya untuk mengatasi tantangan, kecemasan merancang tujuan masa depan, serta berani belajar hal-hal baru.

“Buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam membangun pondasi insan transportasi Indonesia yang sehat dan prima,” kata Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto R, dalam sambutannnya saat launching buku “Cermin Diriku” dalam acara Hub Edu Fest 2023, di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang, pekan silam (18/11/2023).

Kegiatan Hub Edu Fest 2023 kali ini mengangkat tema "BERAKSI: Berani Eksplorasi, Raih Prestasi, Jadi Inspirasi!". Hub Edu Fest 2023 diselenggarakan Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub bersama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Rangkaian kegiatan dalam Hub Edu Fest 2023 di antaranya yaitu launching dan kompetisi menulis ulasan Buku Cerita Edukasi Insan Transportasi “Cermin Diriku”, promosi dan pameran berbagai sekolah kedinasan di lingkungan BPSDMP, kunjungan ke area fasilitas yang ada di kawasan PPI Curug, dan kuis interaktif kahoot, serta hiburan penampilan fashion show oleh perwakilan taruna/ taruni dan hiburan musik oleh band Josh and Friends.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam upaya menumbuhkan minat generasi muda dalam berkarier di bidang transportasi. Novie berharap kepada generasi muda yang kini duduk di SMU/SMK dapat termotivasi menjadi insan transportasi modern dengan meneladani perjuangan para insan transportasi lewat buku ini.

“Buku ini, akan menjadi salah satu medium untuk menyampaikan pesan kepada generasi muda khususnya para pelajar SMU/SMK agar dapat menginspirasi mereka untuk menjadi insan transportasi modern,” pungkas Novie

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan ini juga mengimbau kepada para pelajar SMU/SMK yang berminat menjadi insan transportasi agar mengenali potensi yang dimiliki dan mempersiapkan diri karena sekolah kedinasan milik Kemenhub sudah menanti para pelajar tersebut.

Lebih lanjut Novie mengatakan, masih terbuka luas kesempatan dan peluang karier di sektor transportasi. “Saya pun percaya, sektor transportasi Indonesia akan semakin maju di tangan calon-calon pemimpin di hadapan kita semua,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Novie mengucapkan selamat atas peluncuran Buku Cerita Edukasi Insan Transportasi Indonesia “Cermin Diriku”.

“Terima kasih, khususnya kepada ibu Johanna Ernawati sebagai penulis serta Bapak Achmad Yani, Capt. Sahattua P. Simatupang, Bapak Syamsuddin, Bapak T. Robby Irza, Bapak Hotmarulitua Manalu, Bapak Muhammad Fathoni, Capt. Nuruddin, dan Tiara Alincia Fitri sebagai tokoh inspiratif buku,” ujar Novie.

“Saya turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Hub Edu Fest 2023 yang merupakan kolaborasi antara Biro Komunikasi dan Informasi Publik dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan dan seluruh unit kerja terkait,” ucap Novie lagi.

Novie juga berharap kegiatan Hub Edu Fest 2023 dapat bermanfaat, berlangsung dengan baik dan berkelanjutan pada masa mendatang. “Mari kita BERAKSI: Berani Eksplorasi, Raih Prestasi, Jadi Inspirasi!” pesannya mengakhiri. (IS/AS/SHL/HG)

,