(Jakarta, 10/10/2011) Dalam mendukung Master Plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI), total alokasi anggaran Kementerian Perhubungan untuk infrastruktur transportasi pada 2012 adalah sebesar 19,1 triliun untuk seluruh provinsi di Indonesia. Misalnya untuk Koridor Ekonomi Sumatera yang terdiri dari provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Riau, Kepulauan Riau dan Bengkulu, total anggaran Kemenhub pada pagu anggaran 2012 adalah 2,89 triliun. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Freddy Numberi saat melakukan Rapat Kerja dengan DPD RI di Gedung DPD RI Jakarta, Senin (10/10).

Anggaran tersebut, Menhub melanjutkan, akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur misalnya pengerukan alur/kolam Pelabuhan Lhoksumawe; pelayanan angkutan perintis laut di Meulaboh dan  udara di Bandara Cut Nyak Dhien-Nagaraya;  pembangunan prasarana KA sntara Duku – Bandara Internasional Minangkabau;  pembangunan jembatan timbang di Trantang Manuk;  dan masih banyak yang lainnya.

Menhub menambahkan untuk Koridor Ekonomi Jawa, pada pagu anggaran 2012, Kemenhub telah menganggarkan 9,25 triliun. Untuk Koridor Ekonomi Kalimantan adalah 1,33 triliun yang terdiri dari  267,17 milyar untuk Provinsi Kalimantan Barat; 345 milyar untuk Provinsi Kalimantan Tengah; 149,45 milyar untuk Provinsi Kalimantan Selatan; dan 575,78 milyar untuk Kalimantan Timur.

“Di Koridor Ekonomi Kalimantan, infrastruktur transportasi yang akan dibangun adalah diantaranya pembangunan Terminal Batu Ampar; pembangunan fasilitas Pelabuhan Telok Batang, Satay, Kandawangan, Sintete; pengerukan alur pelayaran/kolam Pelabuhan Sampit- S. Mentaya, dan lain-lain,“ jelas Menhub.

“Selain itu, untuk Koridor Ekonomi Sulawesi, pagu anggaran 2010 adalah 2,33 triliun dan untuk Koridor Ekonomi Bali-Nusa Tenggara adalah 851,51 milyar,” lanjut Menhub. Menhub memaparkan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan, rehab dan pemeliharaan prasarana Bandara Ngurah Rai; pembangunan Dermaga Penyeberangan II Sape;  pembangunan Dermaga Penyeberangan Waiwerang, Seba, Baranusa, Hansisi, Solor dan Ndao; dll.

Untuk Koridor Ekonomi Maluku-Papua, Menhub menjelaskan, anggaran  Kementerian Perhubungan pada 2012 adalah 2,45 triliun. Untuk Provinsi Maluku, anggaran Kemenhub adalah 782,01 milyar dan untuk Provinsi Maluku Utara adalah 395,77 milyar. Sedangkan untuk Provinsi Papua adalah 868,75 milyar dan 407,74 milyar untuk Provinsi Papua Barat. (RY)