(Jakarta, 21/9/2012) Indonesia, Malaysia dan Singapura akan menyelenggarakan tiga pertemuan antara tiga negara pantai terkait dengan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura pada 24-28 September mendatang di Singapura.

 Ketiga pertemuan tersebut yaitu The 5th Cooperation Forum (CF) akan diselenggarakan pada 24-25 September 2012, Tripartite Technical Experts Group (TTEG) pada 26-27 September 2012, dan The 5th Project Coordination Committee (PCC) pada 28 September 2012. Ketiganya direncanakan akan mengambil tempat di Grand Copthorne Waterfront Hotel, Singapura.

Pertemuan The 5th Cooperation Forum (CF) merupakan forum pertemuan antara 3 (tiga) negara pantai (Indonesia, Malaysia, Singapura) dengan User States dan Stakeholders dalam rangka mewujudkan Safety of Navigation serta Environmental Protection di Selat Malaka dan Selat Singapura.

 Pertemuan Tripartite Technical Experts Group (TTEG) adalah forum pertemuan antara 3 (tiga) negara pantai dengan Contribution User States dan Stakeholders dari komunitas maritim internasiona.l. Pertemuan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan implementasi dan prioritas proyek-proyek kerjasama di Selat Malaka dan Selat Singapura dalam kerangka Cooperative Mechanism.

Sementara itu, pertemuan The 5th Project Coordination Committee (PCC) merupakan wadah kerjasama antara 3 (tiga) Negara pantai yang diselenggarakan setiap tahun,  guna membahas berbagai isu yang timbul berkaitan dengan keselamatan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Kementerian Perhubungan direncanakan akan mengirimkan delegasi perwakilan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk menghadiri ketiga pertemuan tersebut. (KND)