JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017 hingga berjalan dengan baik. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menerima penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Lebaran 2017 dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila kepada 15 instansi pemerintah di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, Selasa (1/8).

"Ini untuk semua pihak, saya mengapresiasi penghargaan ini sebagai kerja keras semua pihak yang sudah kerja all out. Khusus jajaran Kementerian Perhubungan saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya," kata Menhub Budi Karya

Selanjutnya, Menhub Budi juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan pada tahun 2018, Kementerian Perhubungan akan mengajak semua stakeholders dalam menyiapkan kebijakan-kebijakan rencana operasi angkutan lebaran diantaranya: manajemen waktu, manajamen ruang, kesiapan fisik dalam hal ini ketersediaan jalan, dan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang harus dibenahi dalam hal kapan saatnya berkoordinasi dan juga pemberian delegasi.

Sementara, Kepala UKP-PIP, Yudi Latif, dalam sambutannya mengatakan acara hari ini bertujuan untuk mengapresiasi kinerja postif aparatur negara dan masyarakat yang telah menunjukkan semangat gotong royong. Untuk pertama kalinya, kami memberikan penghargaan kepada tim pengendali lebaran.

Acara pemberian penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas keberhasilan dalam pengamanan, pengendalian dan kelancaran dalam arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.

Penghargaan ini baru kali pertamanya diberikan dan akan disampaikan tiap 3 bulan sekali. Tema Apresiasi Prestasi akan berbeda dalam tiap pemberian anugerah. Untuk yang pertama, terkait prestasi saat mendukung angkutan lebaran.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menko PMK, Puan Maharani, kepada perwakilan dari seluruh instansi yang mendapatkan penghargaan.

Berikut 15 instansi yang mendapatkan penghargaan dari UKP - PIP.

1. Kementerian Perhubungan RI atas keberhasilan dalam memastikan pengendalian, kelancaran dan keselamatan transportasi serta menginisiasi Mudik Bareng Guyub Rukun.

2. Kepolisian RI atas keberhasilannya dalam menjamin pengamanan, pengendalian dan kelancaran transportasi dalam agenda Mudik Bareng Guyub Rukun.

3. Kementerian Perdagangan RI atas keberhasilannya dalam memastikan persediaan bahan pokok penting dan menetapkan harga yang terjangkau.

4. Kementerian PUPR RI atas keberhasilannya dalam memastikan penyediaan sarana dan prasarana untuk kelancaran transportasi.

5. Kementerian Ketenagakerjaan RI atas keberhasilannya dalam memastikan tersedianya tunjangan pekerja dan layanan informasi bagi perusahaan.

6. Kementerian Kesehatan RI atas keberhasilannya dalam memastikan persiapan sarana dan prasarana kesehatan.

7. Kementerian ESDM RI atas keberhasilannya dalam memastikan ketersediaan pasokan BBM dan listrik.

8. Kementerian Agama RI atas keberhasilannya dalam memastikan penyelenggaraan perayaan lebaran dengan damai dan khidmat.

9. Kementerian Pertanian RI atas keberhasilannya dalam memastikan pasokan komoditas pertanian sebagai bahan pokok penting.

10. Kementerian Kominfo RI atas keberhasilan dalam memasyikan kesiapan sarana prasarana dan kelancaran komunikasi.

11. PT Pertamina atas keberhasilan dalam menjamin ketersediaan dan menciptakan inovasi distribusi BBM

12. PT PLN atas keberhasilannya dalam menjamin pasokan listrik.

13. PT Jasa Marga atas keberhasilannya dalam menjamin kesiapan sarana dan prasarana dan inovasi layanan yang memudahkan dan terjangkau.

14. PT ASDP Indonesia Ferry atas keberhasilannya dalam inovasi memberikan pelayanan terbaik para pemudik melalui jalur laut.

15. Perum Bulog atas keberhasilannya dalam menjamin ketersediaan bahan pokok penting.

Hadir dalam acara ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menko PMK Puan Maharani, Mendag Enggartiasto Lukita, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian

(YP/TH/BS)