Direktorat Jenderal Perkeretaapian

Seluruh Uji Sarana Dan Prasarana LRT Sumsel Ditargetkan Selesai Bulan Juli

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 12 Juli 2018
Jumlah Dilihat: 592 kali

JAKARTA - Uji Sarana dan Prasaran LRT Sumatera Selatan (Sumsel) sudah dilakukan sejak bulan Mei 2018 lalu. Sampai dengan saat ini, uji sarana dan prasarana masih terus dilakukan dan ditargetkan akan selesai pada bulan Juli ini. LRT Sumsel akan beroperasi untuk mendukung perhelatan Asian Games yang akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

“Sampai saat ini masih terus dilakukan uji sarana dan prasarana. Untuk sarana sedang melakukan sertifikasi pada trainset 6,7, dan 8 kemudian untuk prasarana tersisa beberapa item yang sedang diuji. LRT Sumsel siap dioperasikan guna mendukung event Asian Games 2018 yang dimulai bulan Agustus besok,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan yang ditemui di Jakarta (12/7).

Terkait pembangunan LRT Sumatera Selatan ini, esok Jumat (13/3) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meninjau proses pembangunan yang sedang berjalan.

“Besok tanggal 13 Juli, Presiden RI akan meninjau LRT Palembang. Menteri Perhubungan akan mendampingi dalam proses peninjauan,” ungkap Baitul.

LRT Sumatera Selatan memiliki jalur sepanjang 22,3 km. Dengan jumlah stasiun yang dilewati sebanyak 13 stasiun, yaitu Stasiun Bandara, Asrama Haji, Punti Kayu, RSUD, Garuda Dempo, Demang, Bumi Sriwijaya, Dinas Perhubungan, Cinde, Ampera, Polresta, Jakabaring, dan BTP Sumbagsel.

“Panjang jalur dari LRT Sumsel ini adalah sepanjang 22,3 km Dan akan melalui total 13 stasiun,” jelas Baitul.

Sebagai informasi, akan tersedia 8 train set LRT untuk dioperasikan dengan jumlah 3 kereta dalam satu train set. Rencananya, LRT Sumatera Selatan akan dioperasikan selama 18 jam 20 menit dalam sehari dengan waktu operasional pukul 04.00 WIB sampai dengan pukul 22.20 WIB. (LNM/TH/RK/BI)