(Jakarta, 17/2/2010) Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, segenap jajaran perhubungan laut harus siap menjadi mitra terpercaya bagi dunia usaha di bidang maritim. Komitmen ini harus tetap dijaga sehingga mampu meningkatkan akselerasi dan kemampuan kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terutama dalam merespon berbagai tuntutan lingkungan strategis dari berbagai keinginan dan harapan yang tengah berkembang di masyarakat. Pernyataan tersebut ditgaskan Dirjen Perhubungan Laut Sunaryo saat melantik pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Ditjen Perhubungan bertempat di ruang Mataram, tanggal 17 Pebruari 2010.

 “Mulai hari ini segenap jajaran perhubungan laut harus bisa menjadi mitra terpercaya bagi dunia usaha di bidang maritim dengan memberikan pelayanan publik yang tepat mutu dan tepat waktu”, demikian tegas Dirjen Hubla. Selain itu, Sunaryo juga mengingatkan, Kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus selalu berpedoman pada tujuh perintah harian Direktur Jenderal Perhubungan Laut. 

Ketujuh perintah harian tersebut adalah, Tingkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai basis pengabdian sesuai lingkup tugas masing-masing, Tingkatkan soliditas, profesionalitas dan disiplin kerja, Meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran dengan melaksanakan sepenuhnya ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam rangka terwujudnya nol kecelakaan atau Zero Accident, Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan kriteria “Tepat Mutu dan Tepat Waktu”, Ciptakan tertib administrasi, hukum dan tindakan guna menjamin transparansi dan akuntabilitas publik, Jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut siap menjadi mitra terpercaya bagi dunia usaha transportasi laut, Perintah Harian untuk di pedomani oleh seluruh jajaran Ditjen Hubla. “Saudara harus mampu memahami, menghayati serta mengamalkan perintah harian tersebut”, tegas Sunaryo.

Para pejabat yang dilantik tersebut adalah enam pejabat eselon II yaitu Capt. Erwin Rosmali sebagai Kepala Kantor Administrator Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Capt. Dalle Effendi sebagai Kepala Kantor Administrator Pelabuhan Balikpapan, Ir. Kemal Heryandri sebagai kepala Kantor Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Capt. Ali Ibrahim sebagai Kepala Kantor Pelabuhan Batam, Cristian Paulus Wanda sebagai Kepala Kantor Administrator Pelabuhan Sorong dan Asmari sebagai Kepala Kantor Distrik Navigasi Dumai. Selain itu,  Dirjen Hubla juga melantik 26 orang pejabat eselon III di lingkungan Direktorat jenderal Perhubungan Laut. (SLO)