(Jakarta, 01/10/09) Departemen Perhubungan telah menginstruksikan PT Pelni untuk menyiapkan satu unit kapal berkapasitas 2000 orang penumpang untuk memfasilitasi pengiriman tenaga relawan dan bantuan bagi korban gempa bumi di Padang, Sumatera Barat secara cuma-cuma atau gratis.

Sejak Kamis (1/10), kapal tersebut telah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dan siap diberangkatkan kapan pun ketika kapasitas penumpang maupun barang bantuan telah mencukupi kuota.
 
”Kapal yang disiapkan itu adalah KM Sinabung milik PT Pelni, yang mampu memuat hingga 23 peti kemas. Sesuai instruksi Pak Dirjen (Dirjen Perhubungan Laut Sunaryo), kapal itu disiapkan sebagai sarana tanggap darurat gempa bumi di Padang ,” jelas Kepala Sub Bagian Humas dan KSLN Ditjen Perhubungan Laut Bambang Sutrisna di Jakarta, Kamis malam.

Bambang merinci, mereka yang bisa memanfaatkan kapal tersebut adalah para relawan SAR utusan organisasi masyarakat maupun instansi, tim medis, kru media baik cetak maupun elektronik, termasuk segala jenis barang bantuan bagi korban, mulai obat-obatan, makanan, hingga pakaian.

”Kapal ini disediakan secara cuma-cuma untuk kegiatan tanggap darurat. Organisasi maupun instansi yang ingin mengirimkan relawan maupun menyalurkan bantuan bagi korban bencana, tidak akan dipungut biaya. Tetapi khusus relawan, kami hanya memfasilitasi pengiriman secara berkelompok, bukan relawan perseorangan,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Pelni Abubakar Ghoyim menambahkan, untuk memfasilitasi penerimaan relawan maupun barang bantuan, pihaknya telah menyiapkan posko di terminal pemberangkatan penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

”Seperti yang disyaratkan Dephub, kami hanya menerima relawan dari utusan organisasi amupun instansi secara berkelompok, juga kru media. Sebagai bukti, mereka harus membawa surat keterangan dari organisasi maupun instansi yang mengutus mereka. Kalau relawan perseorangan, kami tidak melayani. Kapal siap berangkat ke Teluk Bayur kapan pun jika penumpang dan muatan bantuan telah cukup,” paparnya.

Selain KM Sinabung, lanjut Ghoyim, PT Pelni juga akan menyiapkan kapal lain jenis roro (roll in-roll out) KM Ganda Dewata untuk memfasilitasi pengangkutan kendaraan-kendaraan operasional bencana dan evakuasi. Kapal tersebut dijadwalkan sandar di Pelabuhan Tanjung Priok 6 Oktober 2009.
 
Bagi masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan bagi korban gempa maupun organisasi dan instansi yang ingin mengirimkan relawan, dapat menghubungi pusat informasi di kantor Sekretariat Humas Ditjen Perhubungan Laut (021 – 3505006) atau Sekretariat Humas PT Pelni (021 – 6301249). (DIP)