(Jakarta, 2/1/2013) Pembangunan fisik jalur ganda kereta api yang menghubungkan Stasiun Duri, Jakarta dan Stasiun Batu Ceper, Tangerang selesai pada 31 Desember 2012. Jalur ganda tersebut merupakan tahapan penting dalam pembangunan kereta api Jakarta-Bandara Soekarno Hatta. Demikian disampaikan Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, di Jakarta pada Senin (1/1).

 
Wamenhub menjelaskan setelah tahapan ini selesai, pembangunan jalur tersebut akan memasuki tahapan persinyalan.
 
Menurut Wamenhub, pembangunan kereta api bandara tersebut terdiri dari 3 komponen yaitu pembangunan fisik jalur ganda kereta api Jakarta-Tangerang yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Komponen kedua yaitu pembangunan jalur KA dari Stasiun Batu Ceper Tangerang menuju ke dalam Bandara Soekarno Hatta yang dikerjakan oleh PT KAI dan kini dalam tahapan tender sedangkan komponen terakhir adalah pembangunan stasiun di bandara yang dikerjakan oleh PT. Angkasa Pura II.
 
“Pembangunan jalur kereta api Jakarta-Bandara Soekarno Hatta ini adalah untuk menjawab harapan masyarakat agar ada angkutan menuju bandara yang lebih murah, lebih mudah, dan nyaman,” jelas Wamenhub. (RY)