(Jakarta, 26/4/2011) Untuk membantu masyarakat Mentawai, Kementerian Perhubungan mengirimkan tim pemberian bantuan dan penyuluhan yaitu Tim Mentawai Tersenyum Tahun 2011. “Bantuan yang diberikan salah satunya adalah pengobatan secara gratis yang meliputi pengobatan penyakit kulit, pengobatan penyakit dalam, pemeriksaan gigi, serta pengobatan umum,” jelas Menteri Perhubungan Freddy Numberi saat melepas Tim Mentawai Tersenyum Tahun 2011 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/4).

Menhub juga menambahkan, Tim Mentawai Tersenyum Tahun 2011 yang diprakarsai oleh Dharma Wanita Kemenhub juga melakukan kegiatan penyuluhan diantaranya penyuluhan kesiapan masyarakat dalam penanggulangan bencana oleh Coast Guard Kemenhub.

Selain itu, Menhub menjelaskan, dilakukan juga pelatihan Masyarakat Mandiri yang meliputi pelatihan kepemimpinan serta sosialisasi pemanfaatan sumber daya alam lokal seperti pemanfaatan produksi ikan.

“Tim Mentawai Tersenyum Kementerian Perhubungan yang bertolak menuju Mentawai dengan menggunakan KM. Lawit milik PT. Pelni juga memberikan bantuan berupa alat masak, buku-buku sekolah, dan buku keterampilan, tas, perlengkapan sekolah, motor tempel, dan alat musik,” papar Menhub. Selain itu, Menhub menambahkan, juga akan didirikan Rumah Pintar yang akan dipadukan dengan Balai Latihan Kerja.

Menhub berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu meringankan beban yang sedang diderita oleh masyarakat Mentawai. “Sehingga mampu mendorong semangat masyarakat Mentawai untuk bangkit dari cobaan yang sedang dihadapi sehingga bisa menatap masa depan yang lebih baik lagi,” harap Menhub. (RY)