(Jakarta, 28/10/09) Direksi PT Kereta Api (PT KA) memenuhi perintah Menteri Perhubungan Freddy Numberi untuk mengganti dua pucuk pimpinan di Stasiun Jakarta Kota. Direktur Utama PT KA Ignasius Jonan menjelaskan, proses penggantian itu resmi dilakukan Rabu (28/10).


Jonan menjelaskan, Jatun, kepala stasiun yang lama, digantikan Rudi Krisno yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Stasiun Bekasi. Sementara posisi wakil kepala stasiun yang sebelumnya dijabat Suyatno, dialihkan kepada Iyus Wahyudin. Jatun yang telah menjabat selama 1,5 tahun di Stasiun Jakarta Kota, sambung Jonan, ditarik sebagai staf ahli direksi di kantor pusat PT KA, di Bandung.


”Penggantian ini kami lakukan untuk merealisasikan perintah Menhub. Kami menghargai keputusan Menhub, karena yang bersangkutan tidak disiplin kerja,” jelas Jonan usai menemui Menhub di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu. Jonan menambahkan, pihaknya akan mendukung penuh program pemerintah untuk mengembangkan rel ganda khususnya pulau Jawa. Salah satu program yang tengah dilakukannya adalah membenahi aset yang dimiliki PT KA.


Sebagaimana diketahui, kekecewaan Menhub Freddy terhadap Jatun dan wakilnya berawal pada inspeksi mendadak yang dilakukannya Senin (26/10) lalu. Menhub yang saat sidak menemui area stasiun terbesar dan tersibuk di Indonesia itu kotor, langsung mencari Jatun dan wakilnya. Namun ternyata, yang dicari sedang tidak berada di tempat.