Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) merupakan unit kerja yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden yang bertugas membantu Presiden dalam melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap hasil capaian pembangunan.

Konsep “Open Government” (OG) pada dasarnya mengandung makna bahwa pemerintah yang terbuka/transparan, mengundang elemen rakyat untuk berpartisipasi dan mengajak segenap unsur masyarakat berkolaborasi memecahkan pelbagai masalah demi kesejahteraan rakyat. OG ini mengaktualisasi secara praktis pengertian pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat.
Dalam rangka OG ini, maka UKP4 menyelenggarakan Kompetisi Open Government Indonesia (OGI). Kompetisi OGI ini merupakan ajang bergengsi pertama di antara Kementerian dan Lembaga penyelenggara layanan publik untuk meningkatkan kualitas dalam transparansi, partisipasi dan inovasi. Kompetisi ini dipublikasikan secara luas melalui berbagai media massa untuk mengabarkan perbaikan layanan yang dinantikan oleh masyarakat.
Adapun yang menjadi komponen penilaian dari Kompetisi OGI ini meliputi :

  • Transparansi : Jelas, mudah, komunikatif
  • Partisipasi : Mendengarkan, melibatkan, memberdayakan
  • Inovasi : berbeda, solutif, berbasis teknolOGi dan media

Kompetisi Layanan Publik OGI diikuti oleh 62 Unit Layanan Publik dari 34 Kementerian dan Lembaga yang akan berlomba dalam meningkatkan kualitas layanan publiknya.
Kementerian Perhubungan telah mengikutsertakan 2 (dua) layanan publiknya, yaitu :

  1. Perizinan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) & Surat Izin Operasi Perusahaan Angkutan Laut Khusus (SIOPSUS) Ditjen Perhubungan Laut. 

    Pelayanan Perizinan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) dan Surat Izin Operasi Perusahaan Angkutan Laut Khusus(SIOPSUS) Ditjen Perhubungan Laut ini diberikan kepada masyarakat / badan usaha angkutan laut nasional untuk kegiatan angkutan laut dalam negeri maupun luar negeri dan badan usaha lain yang ingin mengoperasikan kapal sebagai penunjang usaha pokoknya yang akan mengajukan perizinan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) dan Surat Izin Operasi Perusahaan Angkutan Laut Khusus (SIOPSUS)
     
  2. Perizinan Flight Approval Angkutan Udara Niaga Berjadwal & Flight Approval Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal, Ditjen Perhubungan Udara.

    Pelayanan Perizinan Flight Approval Angkutan Udara Niaga Berjadwal & Flight Approval Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal ini merupakan pelayanan yang diberikan kepada Badan Usaha Angkutan Udara yang bergerak dalam bidang penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal serta non niaga yang akan mengajukan permohonan Flight Approval secara online.

Selama bulan April sampai Juli, masyarakat akan melihat, merasakan, dan menilai langsung upaya dan hasil perbaikan layanan tersebut. Saatnya masyarakat ikut serta dalam mendorong layanan publik lebih transparan, partisipatif, dan inovatif. Demi Indonesia yang lebih keren!
Ayo berikan komentar, masukan, dan voting Anda untuk layanan yang paling prOGresif dalam kompetisi ini!
Cara untuk VOTE :

  1. Buka web : www.kompetisiog.com
  2. Klik link button social media seperti Facebook, twitter, google dan yahoo yg ada di bag bawah kanan, setelah login melalui social media tsb maka tampilan akan masuk ke halaman vote kompetisi OG 2012
  3. Buka link Peserta yg ada di pojok kanan atas, klik Layanan Publik Perizinan Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) & Surat Izin Operasi Perusahaan Angkutan Laut Khusus (SIOPSUS) Ditjen Perhubungan Laut dan Perizinan Flight Approval Angkutan Udara Niaga Berjadwal & Flight Approval Angkutan Udara Niaga Tidak Berjadwal, Ditjen Perhubungan Udara
  4. Klik tanda bintang/rating yang ada di bawah profile peserta kompetisi OG tersebut.