(Bandung,2/7/2014) Menteri Perhubungan (Menhub), Rabu (2/7)  melakukan peninjauan kesiapan angkutan Lebaran 2014 di sekitar jalan Lingkar Nagreg, Bandung, Jawa Barat. Jalur Nagreg yang merupakan jalan utama lintas selatan untuk melakukan perjalanan bagi masyarakat Bandung,  Garut dan Tasikmalaya dan sekitarnya menuju  Jakarta di saat angkutan lebaran yang  mengalami kepadatan dan menimbulkan kemacetan.

Mendampingi Menhub dalam peninjauan tersebut antara lain, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso, Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol. Pudji Hartanto Iskandar dan sejumlah pejabat Kemenhub lainnya. Menhub dan rombongan disambut Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Muhammad Iriawan,  Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol.  Joko Rudi, Kapolres Garut AKBP Pol.Arif Rachman dan Kabagops Polres Bandung Kompol Dedi H.

Menhub memperoleh paparan kesiapan angkutan Lebaran 2014 di Polsek Nagrek Bandung dan Polsek Lembangan Garut.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Muhammad Iriawan dalam paparannya di Polsek Limbangan Garut mengatakan, pihaknya telah  melakukan pengecekan kesiapan angkutan lebaran 2014 di tiga jalur yaitu jalur utara tengah dan selatan.

Di jalur utara kata Muhammad Iriawan,  saat ini ada perbaikan  perbaikan jalan dan jembatan Indramayu serta pasar tumpah di beberapa titik yang bisa menimbulkan kemacetan.

"Di Tol Palimanan ada crossing antara  mobil yang akan masuk tol dan motor yang masuk Cirebon, sehingga dapat menimbulkan kemacetan. Saya minta bantuan pemerintah pusat untuk menangani dengan membuat jalan layang," ujar Kapolda Jabar.

Di jalur tengah antara Palimanan  - Kadipaten ada sebagian jalan yang perlu perbaikan, sehingga perlu penanganan khusus. Sementara di jalur selatan yaitu jalur Bandung, Garut dan Tasikmalaya, ada beberapa titik kemacetan seperti tanjakan Nagrek, perlintasan sebidang rel kereta api, tanjakan Gentong, pasar tumpah dan daerah rawan longsor.

Pada kesempatan tersebut Menhub mengapresiasi kesiapan jajaran Polda Jabar menghadapi angkutan lebaran 2014.

" Saya minta jajaran Polda  Jabar untuk meminimalisir terjadinya kemacetan," ujar Menhub.
Menhub juga mengingatkan aparat kepolisian untuk memberi prioritas kepada para pemudik yang menggunakan sepeda motor, karena sepeda sangat rawan terjadi kecelakaan.

Begitu juga pengamanan di perlintasan sebidang, Menhub, agar dilakukan pengamanan karena meningkatnya frekuensi perjalanan kereta.

Rombongan Menhub melintasi jalan Lintas Nagreg yang kondisinya cukup bagus. (SNO)