(Jakarta, 16/7/2010) Menteri Perhubungan Freddy Numberi meresmikan kapal motor penyeberangan (KMP) SUMUT I dan II, di di Lumban Silintong Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (16/7). Kedua KMP ini rencananya akan melayani rute Tigaras (Samosir)-Simanindo (Balige) dan rute Muara (Taput)-Nainggolan (Samosir). KMP yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ini, masing- masing berkapasitas 40 penumpang dan dapat memuat 6 truk.

"Seiring dengan kebutuhan penyeberangan antar pulau, kapal ini sangat strategis dalam rangka menciptakan keterhubungan masyarakat khususnya di kawasan Danau Toba sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," demikian dikatakan Menhub dalam sambutannya.
Menhub menegaskan, kepada semua stakeholders antara lain, Dinas Perhubungan, pemerintah daerah dan masyarakat agar sama-sama menjaga aset Negara tersebut demi kepentingan bersama. "Kalau kapal dipelihara dan beroperasi dengan baik dan masyarakat bisa sejahtera, akan kami tambah  kapal, tapi jika kapal tidak dirawat dengan baik, kami tidak akan tambah kapal, perbaiki dulu sampai bagus," tegasnya.

KMP ini belum dapat beroperasi secara penuh, karena proses penyerahan asset yang masih belum selesai, namun Menhub meminta kepala dinas agar tidak perlu khawatir, karena kapal harus tetap beroperasi. " Saya sampaikan kepada Gubernur dan Kajati, agar bisa menyelesaikan proses penyerahan aset lebih cepat dan kapal ini harus tetap beroperasi, karena ini adalah aset negara yang kita hibahkan kepada daerah, kapal itu tidak boleh diam, harus tetap dioperasikan karena ini untuk kepentingan rakyat," ujarnya. Menhub juga mengimbau kepada daerah, agar membuat perencanaan transportasi secara matang dengan menggunakan blueprint (cetak biru) yang jelas agar bisa melihat dengan jelas konektivitas yang dibangun baik antar pulau baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, mewakili Gubernur Sumatera Utara dan sekaligus mewakili tujuh bupati sekawasan Danau Toba mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan atas diresmikannya pengoperasian KMP ini. Dirinya mengatakan, dengan kapal ini lalu lintas perairan Danau Toba akan berjalan lancar sehingga perekonomian masyarakat pun diharapakan semakin meningkat ke depannya.

Selain itu, Kadishub Provinsi Sumut, Nazaruddin Dalimunthe dalam laporannya kepada Menhub mengatakan,dalam rangka persiapan pengoperasian kapal ini, Pemerintah Provinsi Sumut Cq. Dishub Provinsi telah menyediakan anggaran pada APBD 2009 dan 2010 masing-masing sebesar 2,5 M dan telah berkoordinasi dengan kabupaten dan instansi terkait guna mempersiapkan peraturan bersama antara Gubernur Sumatera Utara dengan Bupati Simalungun dan Bupati Samosir.

Acara peresmian pengoperasian KMP Sumut I dan II ini turut dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso, Direktur ASDP Ditjen Perhubungan Darat, Wiratno, Jajaran Dinas Perhubungan Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah Sumatera Utara.(RDH)