Agen Perubahan

Layani Informasi Publik, Disnav Kelas 1 Sorong Tak Ingin Ketinggalan Zaman

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Perhubungan - Senin, 20 November 2017
Jumlah Dilihat: 221 kali

Masyarakat memerlukan dan membutuhkan informasi untuk menambah pengetahuan atau sekedar menghilangkan rasa keingintahuan. Di zaman internet ini mereka dapat dengan mudah mengakses informasi sesuai kebutuhan di mana saja dan kapan saja. Mereka cukup menggunakan komputer atau handphone lalu informasi akan muncul dalam hitungan detik.

Media cetak telah bergeser menjadi media online. Masyarakat lebih suka mengakses website dibandingkan membaca majalah atau koran untuk mendapatkan informasi. Ini menunjukkan masyarakat cenderung memilih informasi yang mudah diakses, cepat, dan terbaru.

Instansi-instansi pemerintah seharusnya mengikuti perkembangan teknologi terutama untuk akses informasi kepada masyarakat. Instansi pemerintah harus mengubah image pelayanan informasi publik yang rumit dan memakan waktu lama menjadi lebih baik. Salah satu caranya adalah membuat website yang berisikan informasi yang berkaitan dengan instansi tersebut.

Kantor Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong menjadi salah satu instansi pemerintah yang tidak ingin ketinggalan zaman sekaligus memperbaiki pelayanan informasi publik kepada masyarakat. Instansi yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini membuat website guna meningkatkan pelayanan informasi publik.

Peningkatan pelayanan informasi publik melalui website ini merupakan proyek perubahan yang diusung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong Juniawan Purwantoro. Juniawan Purwantoro adalah agen perubahan yang telah mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan Kepemimpinan Tingkat IV Tahun 2017.

Sesuai Peraturan Menteri (PM) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan di Instansi Pemerintah setiap agen perubahan harus memiliki proyek perubahan yang dapat mendukung terwujudnya reformasi birokrasi.

Reformasi birokrasi merupakan perubahan tata kelola pemerintahan agar tercipta birokrasi yang profesional, handal, berintegritas, bersih KKN, mampu melayani publik dengan baik, dan memegang teguh nilai organisasi serta kode etik perilaku aparatur negara.

Pelayanan informasi publik lama

Proyek perubahan ini tercetus karena kantor Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong memiliki permasalahan pada durasi pelayanan informasi publik. Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi atau data perlu membuat surat permohonan. Surat permohonan ini akan diteruskan ke unit kerja yang berkaitan dengan informasi tersebut sebagai contoh pemohon meminta informasi mengenai Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), maka akan diarahkan ke bidang operasi.

Untuk memenuhi permohonan informasi mereka masih perlu mencari-cari data tersebut. Data atau informasi ini masih berada di unit-unit kerja lain seperti tata usaha, bidang operasi, dan bidang logistik. Ini yang menyebabkan proses penyediaan informasi publik membutuhkan waktu yang lama sehingga dapat merugikan pemohon informasi. Karena bukan tidak mungkin mereka membutuhkan informasi itu secepatnya.

"Untuk mengumpulkan atau mencari informasi saja dapat memakan waktu paling tidak 180 menit," ungkap Juniawan Purwantoro.

Masyarakat yang membutuhkan informasi tentu kurang berkenan apabila harus menunggu terlalu lama untuk sebuah informasi. Bagaimana bila pemohon berjumlah lebih dari satu orang, maka waktu tunggu dapat menjadi lebih lama. Oleh karena itu, Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong membuat website agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi.

Masyarakat hanya perlu mengetikan alamat www.disnav-sorong.simplesite.com lalu informasi seputar Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong mulai dari struktur organisasi, video profil, peraturan, berita, SBNP, kapal kenavigasian, vessel traffic service (VTS), stasiun radio pantai, seluk beluk pengamatan laut, hingga aset dan bangunan.

Saat ini website tersebut masih terus mengalami perkembangan dan penambahan data juga informasi. Nantinya website ini pun akan terintegrasi dengan website Kementerian Perhubungan www.dephub.go.id.

Rencana buat aplikasi

Proyek perubahan yang berjudul "Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Melalui Pembuatan Website Informasi pada Kantor Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong" ini memiliki tiga tujuan yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendeknya adalah menciptakan website informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik sehingga dapat mengurangi waktu pencarian data. Selain itu, juga dapat menyosialisasikan informasi tentang organisasi, tata kerja, dan wilayah kerja Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong. Tujuan ini ditargetkan tercapai dalam jangka waktu 1 – 2 bulan.

Tujuan jangka menengahnya adalah membuat aplikasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi lebih mudah di mana saja dan kapan saja cukup menggunakan handphone saja. Pembuatan aplikasi menjadi jawaban atas perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan pelayanan informasi publik. Targetnya tujuan ini dapat terlaksana dalam jangka waktu 3 – 5 bulan.

Tujuan jangka panjangnya adalah menyusun sistem pelayanan informasi publik yang terintegrasi dengan pusat data dan informasi ke Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.