(Jakarta, 10/10/2011) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan akan melakukan Survei Asal Tujuan Transportasi Nasional (ATTN) tahun 2011. Survei ini dilakukan untuk memotret pergerakan kendaraaan, penumpang dan barang pada periode waktu tertentu secara serempak diseluruh kabupaten di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan data dan informasi yang dapat menunjukkan situasi dan karakteristik transportasi saat ini, seperti pergerakan kendaraan, penumpang dan barang, berikut maksud dan tujuan perjalanan yang dilakukan penumpang, termasuk berat dan banyaknya muatan tiap komoditi (jenis barang).

Kepala Badan Litbang kementerian Perhubungan Denny Siahaan kepada wartawan di kantornya Senin (10/10) menjelaskan Survei ATTN ini akan menjadi masukan bagi pemerintah untuk merencanakan pembangunan sistem transportasi, khususnya pergerakan antar kabupaten, propinsi dan nasional, baik yang menyangkut pengembangan infrastuktur jalan, maupun sarana transportasi dan kebijakan lainnya yang terkait. ‘’Survei ini akan sangat bermanfaat bagi pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan, karena survei ini akan menjadi database sistem transportasi nasional (Sistranas),’’ jelas Deni.

Survei akan dilakukan secara serentak di 445 kabupaten/kota di seluruh propinsi di Indonesia pada tanggal 13-16 Oktober 2011. Survei  secara on board  untuk kereta api sebanyak 29 perjalanan (pp) dan 17 kapal (pp). Adapun jumlah pos yang di survei ada 2.542 pos yang meliputi sisi jalan, jembatan timbang, terminal, jalan tol, dermaga, penyeberangan dan sungai, pelabuhan, bandara dan survei di dalam kapal dan kereta api.

Untuk keperluan survei ini sebanyak 18.000 orang dilibatkan untuk melakukan pengumpulan data, dengan cara bekerjasama dengan perguruan tinggi di masing-masing daerah. ‘’Jumlah formulir yang digunakan ada sekitar 5 juta formulir untuk semua moda, yang terdiri dari 40 jenis formulir, karena berbeda-beda moda dan sarana transportasi yang digunakan penumpang,’’ jelas Deni.

Jenis survei di bagi menjadi tiga bagian, yaitu survei orang (wawancara), survei barang (wawancara) dan survei kendaraan/sarana traffic counting  dan wawancara.

Survei orang dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi perjalanan responden, meliputi asal tujuan perjalanan, maksud perjalanan, moda yang digunakan dan biaya perjalanan. Survei barang dimaksudkan untuk mendapatkan data dan informasi perjalanan barang, meliputi asal tujuan perjalanan, jenis dan berat komoditi, moda yang digunakan, dan biaya perjalanan. Sedangkan survei kendaraan dimaksudkan untuk mengetahui jumlah sarana/kendaraan yang melakukan perjalanan. Untuk mendapatkan data dan informasi perjalanan kendaraan, meliputi asal tujuan perjalanan, penggunaan bahan bakar dan informasi lainnya.  (PR)