Berita Umum

Kemenhub Beri Beasiswa Program Pascasarjana Kepada 47 Orang PNS

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Selasa, 25 Juli 2017
Jumlah Dilihat: 3169 kali

JAKARTA – Tahun Anggaran 2017 ini, Kementerian Perhubungan memberikan beasiswa program pascasarjana kepada 47 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo meminta kepada penerima program beasiswa untuk dapat mempergunakan kesempatan tersebut dengan baik guna mendukung tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Demikian disampaikan Sesjen dalam acara Penetapan Karyasiswa Pegawai Negeri Sipil program Bantuan Pendidikan Pascasarjana di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2017 di Ruang Kutai Kemenhub pada Selasa (25/7).

“Bapak dan Ibu beruntung mendapatkan kesempatan ini, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk pembelajaran bagi diri kita sendiri, tidak sekedar untuk status,” jelas Sugihardjo yang akrab dipanggil Jojo.

Lebih lanjut Jojo mengatakan program beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Kementerian Perhubungan yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

Jojo juga menambahkan pemberian program beasiswa melalui Biro Kepegawaian Kemenhub disebut sebagai karyasiswa, artinya penerima beasiswa, di samping kuliah juga masih menjalankan tugas sehari-hari di kantor.

“Tentu tantangannya jauh lebih berat yang menjadi karyasiswa dibandingkan mereka yang murni tugas belajar. Karena itu kepada Ibu dan Bapak para karyawan/karyawati yang mendapatkan amanah ini harus kerja keras karena anda sudah memilih melaksanakan dwi fungsi, fungsi sebagai karyawan dan fungsi sebagai siswa. Ini tentu tidak mudah. Beberapa strateginya sudah mulai dipilih pada saat menentukan perguruan tinggi, menentukan program studi dan disesuaikan dengan pola belajarnya,” terang Jojo.

Kedepan, Jojo meminta Biro Kepegawaian Kemenhub untuk melakukan evaluasi terhadap program beasiswa pascasarjana tersebut.

“Saya minta dilakukan evaluasi terhadap hal ini, jangan sampai dua-duanya tidak tercapai. Jangan sampai tugas siswanya tidak berjalan efektif, tugas karyawannya juga tidak berjalan dengan baik karena setengah-setengah. Jadi kalau ada yang milih double ini, energinya harus ekstra, bukan sebaliknya,” ujar Jojo.

Sementara itu Kepala Biro Kepegawaian, Hari Kriswanto menjelaskan pada tahun 2017 jumlah PNS yang mendaftar sebanyak 223 orang, dan untuk peserta yang lulus seleksi sebanyak 146 orang, dan yang ditetapkan sebagai penerima beasiswa program pascasarjana sebanyak 47 orang. Adapun anggaran tahun 2017 untuk beasiswa tersebut mencapai Rp. 2.114.000.000 Milyar.

“47 orang penerima beasiswa tersebar di beberapa perguruan tinggi, diantaranya 26 orang untuk Program Magister Manajemen Transportasi STMT Trisakti, 4 orang untuk Program studi Magister Akuntansi Universitas Trisakti, 4 orang untuk Program studi Magister Hukum UGM Jakarta, 3 orang Program studi Magister Ilmu Ekonomi UGM Jakarta dan 10 orang untuk Program studi Magister STIA-LAN,” jelas Hari.

Program bantuan pendidikan/ beasiswa Kemenhub merupakan program yang telah dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2006, dengan total peserta penerima beasiswa sampai dengan tahun 2017 sebanyak 814 orang PNS. (LFH/TH/BS/JAB)