(Jakarta, 17/09/2012) Kantor Syahbandar Belawan meraih peringkat I sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT)  dengan Kinerja Terbaik di lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2012. Kantor Syahbandar Belawan berhak menyandang gelar tersebut dengan total nilai 78,94 karena telah menerapkan Pusat Pelayanan Satu Pintu (PPSP) dalam memberikan pelayanan publik bagi masyarakat. Selain itu Laporan Hasil Audit (LHA) dan kinerja dinilai cukup baik.
 
 “ Melalui pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memacu semangat unit kerja yang telah ada untuk terus meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan tetap mengutamakan prinsip – prinsip Efektif, Efisien, Ekonomis, dan Ketaaatan pada peraturan yang berlaku, “ demikian disampaikan Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan saat menjadi Inspektur Upacara Hari Perhubungan Nasional di Jakarta, Senin (17/9). Selain itu, Menhub menilai Hari Perhubungan Nasional merupakan momentum yang sangat baik dalam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada berbagai pihak yang menunjukkan kinerja terbaik dalam memajukan organisasi dan kemajuan bidang perhubungan. Menhub juga menegaskan agar pemberian penghargaan seperti ini hendaknya juga dapat dilaksanakan oleh jajaran Perhubungan di daerah maupun BUMN Perhubungan.
 
Selain Kantor Syahbandar Belawan, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah menyusul menjadi peringkat II dan III sebagai UPT dengan Kinerja Terbaik. PIP Makassar meraih total nilai 78,70 karena dinilai telah mendapatkan ISO 2001:2008 dan cukup baik dalam melakukan pelayanan dan pembinaan kepada para peserta pendidikan dan pelatihan. Sementara itu, Bandara Tjilik Riwut meraih total nilai 76,43 karena dinilai sebagai UPT yang memiliki Laporan Hasil Audit dan Tindak lanjut Hasil Audit paling baik serta kinerja yang cukup baik.
 
Pemberian penghargaan UPT dengan Kinerja Terbaik ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Perhubungan Nasional 2012. Penilaian dilakukan terhadap 555 UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan. Indikator penilaian yang digunakan dalam Penilaian Unit Kerja Terbaik ini meliputi Indikator Laporan Hasil Audit (LHA) dan Tindak Lanjut Hasil Audit, Indikator Kinerja (Tugas & Fungsi, Keuangan dan SDM), serta Indikator Pelayanan Publik (Visi, Misi, dan Motto Pelayanan, sistem, standar dan prosedur pelayanan, SDM pelayanan dan sarana & prasarana pelayanan). Kegiatan penilaian UPT dengan Kinerja terbaik dilakukan oleh Tim Terpadu yang terdiri dari Inspektorat Jenderal, Biro Perencanaan, Biro Keuangan dan Perlengkapan, serta Biro Kepegawaian dan Organisasi. Penghargaan kepada UPT dengan Kinerja terbaik diserahkan oleh Menteri Perhubungan pada pelaksanaan Upacara Hari Perhubungan Nasional tanggal 17 September 2012. (ARI)