Belakangan ini pemerintah gencar menginformasikan investasi di berbagai proyek, terutama proyek infrastruktur yang masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). 

Sejumlah  Kementerian aktif merespons isu ini dengan mempublikasikan berbagai investasi yang menjadi ruang lingkup kementeriannya. Aktif menginformasikan perkembangan investasi di masing-masing kementerian saat ini sangatlah penting. Investasi sedang dalam sorotan karena merupakan salah satu pilar yang amat menentukan pertumbuhan ekonomi nasional saat ini – selain konsumsi rumah tangga , setelah kinerja ekspor terus melemah dan penyerapan APBN (konsumsi pemerintah)  cenderung kurang berkualitas karena tidak terdistribusi  merata dan banyak menumpuk pada akhir tahun.

Oleh karena itu, kita perlu terus meng-update perkembangan investasi di sektor perhubungan. Data-data terbaru investasi di sektor perhubungan dapat disampaikan kepada media massa. Mengingat isu transportasi publik saat ini  sedang dalam sorotan, perlu diinformasikan secara detail tentang rencana-rencana dan realisasi-realisasi investasi di sektor transportasi publik, seperti proyek-proyek yang sudah, sedang, dan akan digarap  investor dan pemerintah di sektor transportasi pada masing-masing moda, baik proyek yang digarap sendiri oleh investor swasta, proyek yang digarap  pemerintah,  maupun proyek yang digarap swasta dan pemerintah melalui skema kemitraan (public private partnership/PPP).

Mengingat isu MP3EI sedang gencar digulirkan pemerintah, perlu lebih aktif lagi diinformasikan  mengenai proyek-proyek  MP3EI dalam bidang transportasi yang  bakal terealisasi atau sedang direalisasikan. Mengingat  pers biasanya tertarik dengan angka-angka,  nilai masing-masing  proyek dapat pula dijelaskan secara detail.  Selain itu, perlu pula dijelaskan mengenai benefit masing-masing proyek terhadap sektor transportasi nasional. (JAB)