(Jakarta, 6/2/2013) Kementerian Perhubungan turut mendukung program nasional Pemerintah yaitu menuju Swasembada Daging Sapi dan Kerbau 2014. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menyiapkan angkutan khusus ternak.

Pada 28 Januari 2013 lalu tim dari Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub yang dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, Adolf Tambunan, melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat langsung jenis kapal khusus yang digunakan untuk mengangkut ternak sapi dari Australia.

Adolf yang didampingi oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Sahat Simatupang, melakukan survey kapal khusus pengangkut ternak sapi, MV. BARKLY PEARL IMO No. 9042295, DWT/GT 2022.12/5375. Kapal tersebut tiba di Pelabuhan Tanjung Priok membawa sekitar 1.104 ekor sapi impor dari Australia. Kapal tersebut juga membawa sekitar 1.588 ekor sapi impor dari Australia menuju ke  Pelabuhan Panjang pada 29 Januari 2013.

“Kami melakukan survey on board untuk melihat kondisi dan design kapal termasuk fasilitas untuk keamanan ternak selama dalam perjalanan, dan Standard Operational Procedure (SOP) pengangkutan serta pembongkaran ternak khusus sapi,” tutur Adolf.

Dari survey tersebut, lanjut Adolf, dirinya berharap pihaknya dapat mewujudkan angkutan laut khusus ternak yang dapat mendukung program nasional yaitu Swasembada Daging Sapi dan Kerbau Tahun 2014.

Sebagai informasi, pada 6-7 Februari 2013, Menteri Perhubungan melakukan kunjungan ke tempat proses pengangkutan ternak sapi di Darwin, Australia. Kunjungan tersebut untuk melihat langsung proses pengangkutan ternak sapi dari tempat ternak menunju ke pelabuhan untuk diangkut ke kapal. (DW)