(Jakarta, 10/2/2012) Maraknya pemberitaan mengenai pilot yang menggunakan narkoba belakangan ini membuat prihatin dunia penerbangan khususnya dan juga transportasi nasional pada umumnya. Padahal menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Bobby R Mamahit, kondisi yang terjadi di lapangan adalah karena ulah oknum tertentu saja, yang berimbas pada keseluruhan.

Untuk mencegah hal itu, Kementerian Perhubungan berencana membuat Pusat Pembangunan Karakter untuk membangun moral para calon pilot dan pelaut Indonesia. Bobby mengaku prihatin melihat terdapat pilot yang mengkonsumsi narkoba sementara mereka merupakan pelayan transportasi.

"Pilot yang menggunakan narkoba itu terkait dengan masalah attitude, tidak ada sekolah mengajarkan hal yang jelek-jelek," ujar Boby di Jakarta, Jumat (10/2).
Dalam rencana tersebut, BPSDM Perhubungan menurut Bobby juga akan memasukkan program pelatihan khusus tentang karakter dan kesamaptaan. Bahkan pihaknya sudah siap membangun gedung Pusat Pembangunan Karakter SDM Perhubungan di Ciwidey Jawa Barat.

Di Sekolah penerbang yakni Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia (STPI) menurut Bobby juga dilaksanakan tes narkoba kepada seluruh taruna dan taruninya yang saat ini berjumlah 1.221 orang yang terdiri dari 257 taruni dan 964 taruna.

Program pelatihan khusus itu sudah dimasukkan dalam rencana strategis (renstra) tahun 2012 dan bisa diikuti oleh taruna-taruni dari sektor lain seperti laut dan darat.

Mengenai teknis pelatihannya, Bobby mengaku masih akan terus digodok model pelatihannya. Bobby berharap program pelatihan seperti itu juga dilaksanakan di sekolah-sekolah pilot dan pelaut swasta. Sebab kontribusi swasta dalam memproduksi pilot lumayan tinggi sekitar 100 pilot/tahun dari beberapa sekolah pilot swasta.

“ Kita harapakan swasta tidak hanya memproduksi pilot-pilot yang berkualitas tetapi juga yang berkarakter baik," imbuh Bobby.
Bobby mengaku mendapat tantangan dari Wakil Menteri Perhubungan untuk melakukan sidak ke STPI Curug dan STIP Marunda sekaligus melakukan tes urine kepada para calon pilot di sekolah itu. Namun Bobby mengaku sudah memerintahkan kepala sekolah masing-masing untuk melakukan tes narkoba terlebih dahulu.  (CHAN)