(Jakarta, 23/3/2011) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) akan membangun Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) di wilayah Propinsi Papua Barat, tepatnya di wilayah Distrik Manokwari Timur. BPSDMP tengah melakukan kajian studi kelayakan pembangunan balai diklat tersebut dan diharapkan pembangunan akan selesai pada tahun 2014.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui BPSDMP telah melakukan pertemuan dengan pejabat daerah setempat antara lain dengan : Sekda Kabupaten Manokwari, Dinas Perhubungan Propinsi Papua Barat, Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari, Kepala Distrik Manokwari Timur dan tokoh masyarakat setempat yang dilakukan pada 16 s/d 18 Desember 2009 lalu.

Dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Pemerintah Kabupaten Manokwari menghibahkan kepada BPSDMP lahan seluas kurang lebih 20 Hektar di wilayah Distrik Manokwari timur. Tanah tersebut akan dipergunakan BPSDMP untuk membangun dan menyediakan sarana dan prasarana BPPTD di Manokwari dalam kurun waktu sampai dengan tahun 2014 melalui dana APBN BPSDMP.

Saat ini, BPSDMP tengah menunggu kesiapan dokumen kepemilikan tanah terkait dengan pengalihan status (hibah) lahan kepada BPSDMP dari Pemprov Papua Barat. Surat permohonan penyiapan dokumen tersebut telah dikirimkan Kepala BPSDMP kepada Gubernur Provinsi Papua Barat pada 14 Maret 2011.(RDH)