(Jakarta, 01/06/2011) Guna memberikan dorongan dan motivasi kepada para peneliti dan calon peneliti untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan mengadakan Temu Karya Peneliti Tahap I Tahun 2011, pada Rabu, 1 Juni 2011.
 
Temu Karya Peneliti Tahap I Tahun 2011 mengambil tema “Peningkatan Profesionalisme Peneliti Guna Mendukung Reformasi Birokrasi Bidang SDM Transportasi”. Tema ini dipilih karena sejalan dengan upaya Badan Litbang Perhubungan memotivasi Peneliti menjadi peneliti profesional yang produktif dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas sejalan dengan salah satu target yang ingin dicapai dalam program Reformasi Birokrasi yaitu meningkatnya profesionalisme sumber daya manusia (SDM) Aparatur.
 
Dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini, Kepala Badan Litbang Perhubungan L. Denny Siahaan mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan Badan Litbang Perhubungan guna meningkatkan profesionalisme peneliti dalam pelaksanaan tugas yaitu melaksanakan kursus transportasi dasar, melaksanakan diklat metodologi penelitian, melaksanakan pelatihan teknik presentasi efektif. “Kita juga melaksanakan kursus editor bahasa Indonesia untuk membekali calon peneliti atau peneliti agar dapat memilih kata yang tepat dan membuat kalimat dengan struktur yang benar sehingga karyanya menarik minat untuk dibaca orang lain,” terang Denny.
 
Pada kegiatan ini hadir sebagai penceramah Wakil Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Endang Sukara.
 
Endang mengatakan, tolok ukur keberhasilan suatu penelitian adalah seberapa banyak hasil penelitian tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat luas atau berapa banyak hasil penelitian tersebut yang digunakan sebagai acuan perumusan kebijakan publik. “Dilihat dari fungsi Badan Litbang baik itu multimoda, darat, laut dan udara, ada satu klausul disitu harusnya yang menjadi utamanya adalah bagaimana ide itu dibungkus menjadi saran kebijakan pemerintah atau kebijakan publik,” ujarnya.
 
Endang menambahkan peningkatan profesionalisme peneliti dilakukan melalui konsep 4-C yaitu:
· Competency/Capacity
· Creativity
· Commitment/Integrity/Ethics
· Communication
 
Temu Karya Peneliti Tahap I Tahun 2011 ini bertujuan antara lain menambah wawasan bagi peneliti atau calon peneliti bidang transportasi. Meningkatkan kinerja peneliti dan kualitas penelitian berdasarkan hasil penilaian para pakar dan kelompok peneliti lainnya. Mengembangkan inovasi dan kreatifitas peneliti melalui berbagai penemuan teori dan metodologi di bidang transportasi. Serta terwujudnya peneliti Badan Litbang yang produktif dalam menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas.
 
Kegiatan ini juga diisi dengan diskusi kelompok, dimana kelompok tersebut dibagi menjadi 5 kelompok yaitu Kelompok Diskusi Bidang Manajemen Transportasi Multimoda, Kelompok Diskusi Bidang Transportasi Jalan, Kelompok Diskusi Bidang Transportasi Kereta Api, Kelompok Diskusi Bidang Transportasi Laut dan SDP, serta Kelompok Diskusi Bidang Transportasi Udara. Selanjutnya akan dipilih satu kelompok dengan makalah terbaik oleh Tim LIPI. (HH)