(Jakarta, 05/10/09) Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Departemen Perhubungan mengirimkan sedikitnya 100 tenaga relawan ke lokasi gempa di Padang, Sumatera Barat. Langkah ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Badan Diklat Dephub untuk turut berpartisipasi mengurangi beban penderitaan masyarakat Ranah Minang yang telah menjadi korban gempa berkekuatan 7,6 skala Richter tersebut.

”Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat Badan Diklat,” jelas Kepala Badan Diklat Dedi Darmawan di Jakarta, Senin (5/10). Di sana, imbuhnya, para relawan itu akan melakukan berbagai kegiatan antara lain pengobatan massal gratis, penyaluran bantuan bahan kebutuhan pokok, membantu mengurangi trauma anak-anak korban gempa, serta membantu perbaikan fasilitas umum.

”Karena itu, para utusan yang kita kirimkan ke sana adalah mereka yang memiliki beragam keahlian. Mereka adalah para taruna dan taruni dari sekolah di lingkungan Badan Diklat Perhubungan, pegawai Badan Diklat, dokter dan perawat, serta para psikolog,” papar Dedi.

Di lokasi, para tenaga relawan Badan Diklat Perhubungan ini akan berkoordinasi dengan Satuan Kordinator Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana setempat, untuk melancarkan tugas tim dan melaksanakan penanganan secara terpadu.

Ditambahkan Dedi, para tenaga relawan tersebut akan diberangkatkan pada Selasa (6/10), menggunakan pesawat udara dan Kapal Latih Taruna Bima Sakti. ”Kapal Latih Taruna Bima Sakti akan diberangkatkan pada hari yang sama dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” pungkasnya. (DIP)