(Padang, 12/2/2014) Rekomendasi hasil penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan manfaatnya sangat signifikan terhadap upaya pemajuan transportasi seluruh moda. Yang paling sederhana dan mencolok, antara lain dalam kelancaran transportasi darat diantaranya angkutan lebaran.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono seusai memberikan pengarahan pada hari pertama Rakornis Badan Litbang Kementerian Perhubungan 2014 di Basko Hotel Padang, Rabu (12/2).Selain memberikan pengarahan, Wamenhub juga membuka Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2014.

"Itu (Angkutan Lebaran) hanya contoh sederhana. Lebih jauh, Badan Litbang memiliki peran strategis dalam pembangunan transportasi nasional. Tugas badan litbang adalah sebagai dapur atau think tank penyelenggaraan sistem transportasi di Indonesia,"paparnya.

Salah satu contoh manfaat dari rekomendasi untuk sistem transportasi nasional,papar Wamenhub, adalah dalam mendukung kelancaran arus lalulintas jalan,baik darat,kereta api, laut maupun udara.

"Contoh dalam kelancaran angkutan jalan, banyak rekomendasi dari Badan Litbang yang digunakan, untuk mengecek volume,kecepatan dan kapasitas,"jelasnya.

Wamenhub juga memaparkan, dalam menyukseskan angkutan lebaran misalnya, rekomendasi hasil Litbang digunakan untuk mengurai kemacetan. Karena sistem itu memonitor dimana titik-titik kemacetan di seluruh nusantara. Itu hanya contoh dalam hal kegunaan dalam transportasi darat. Didorong oleh hasil-hasil penelitian,tercipta mekanisme strategis untuk tercapainya sistem transportasi yang idela,lancar dan nyaman.

Ia juga menambahkan bahwa kinerja keberhasil Badan Litbang Perhubungan sangat ditentukan dari pemanfaatan rekomendasi yang dihasilkan bagi perumusan kebijakan atau penyelenggaraan tugas sub sektor di lingkungan Kementerian Perhubungan dan pengguna jasa litbang yang lainnya.

Untuk itu peran aktif dari subsektor dalam merumuskan kebutuhan penelitian dalam hal ini sangat diperlukan,agar tingkat pemanfaatan kegiatan Badan Litbang Perhubungan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam pengarahannya, Wamenhub mengatakan bahwa sistem transportasi perlu terus ditata dan disempurnakan dengan didukung oleh sumberdaya manusia yang berkualitas." Untuk itu,Balitbang Kemenhub yang berugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang perhubungan dan sebagai lembaga yang berfungsi sebagai Policy Reasearch mempunyai peranan penting dalam menunjang pelaksanaan tugas Kementerian Pehubungan.

Sementara itu Kepala Badan Litbang Dr Elly Adriyani Sinaga MSc mengatakan bahwa saat ini Badan Litbang Perhubungan saat ini tengah berupaya melakukan penguatan dalam rangka mewujudkan visi kedepan Badan Litbang Perhubungan sebagai " power of transport Development" . Di mana kegiatan peneltian yang akan dilakukan Badan Litbang Perhubungan diharapkan dapat berperan dalam memberi masukan bagi evaluasi kebijakan (policy Evaluation), penyusunan norma, standar ,prosedur dan kriteria bidang perhubungan, Inovasi teknologi transportasi, perencanaan transportasi. Sebagai klinik sebagai penyedia basis data riset transportasi dan public services.

Guna mewujudkan visi tersebut, Badan Litbang telah menyusun " Grand Design" dan Roadmap Balitbang. Adapun implementasi dalam rangka penguatan kelembagaan dan capacity building yang telah dilakukan antara lain pembentukan Data Center, pembangunan perpustakaan, lomba transportasi nasional, Joint Research, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta perencanaan penyediaan fasilitas sarana prasarana antara lain pembangunan balai penelitian transportasi. Hal ini diperlukan agar penelitian teknologi yang sangat penting peranannya di sektor transportasi dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.(BN)