"Untuk itu saya minta agar langkah-langkah policy reform sektor transportasi perlu diakselerasi sehingga persoalan yang dihadapi di sektor transportasi dapat segera dipecahkan", kata Menhub dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Jenderal Departemen Perhubungan Wendy Aritenang saat upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Jakarta (17/09/2007).

Menhub lebih lanjut mengungkapkan untuk mempercepat implementasi arah kebijakan sektor transportasi tersebut, Departemen Perhubungan telah melakukan rapat kerja dengan seluruh jajaran perhubungan dan stakeholder pada tanggal 5 s.d 7 September 2007 di Jakarta. Raker tersebut menghasilkan keputusan strategis untuk segera dilaksanakan yaitu pertama, peningkatan keandalan dan rasio kecukupan sarana dan prasarana keselamatan transportasi. Kedua, peningkatan kapabilitas dan kompetensi sumber daya manusia bidang keselamatan transportasi. Ketiga, pembinaan hukum dan peraturan perundangan di bidang keselamatan transportasi serta keempat, penyelesaian isu strategis permasalahan di bidang transportasi.

Terhadap hasil rapat kerja tersebut Menhub minta kepada semua unit kerja terkait untuk segera mengambil langkah-langkah implementasi dan memantau secara aktif pelaksanaannya di lapangan karena jika hasil rapat kerja ini dapat dimplementasikan dengan benar kekhawatiran masyarakat akan keselamatan transportasi dapat diminimalisir.

Sementara itu, terkait dengan Hari Perhubungan Nasional, Menteri Perhubungan menyatakan Harhubnas harus dijadikan momentum untuk merenungkan kembali kinerja dan berbagai peristiwa di sektor transportasi serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "saya ingin mengajak kepada seluruh jajaran perhubungan untuk bekerja lebih ekstra keras agar persoalan-persoalan yang kita hadapi dapat segera diselesaikan", pungkasnya.