Dirjen Perhubungan Laut Dephub, Efendi Batubara mengatakan penambahan kapal tersebut yakni 20 unit kapal kelas tiga dan satu kapal kela 1B menggunakan bantuan dari Jerman dan Kore a Selatan.

"Dengan penambahan kapal patroli tersebut, KPLP diharapkan lebih optimal dalam menjaga dan mengamankan perairan Indonesia yang luas",ujar Dirjen Laut seusai pembaretan dan pemasangan lencana KPLP oleh Direktur KPLP Djoni Algamar di Pangkalan KPLP Kalijabat, Ancol Timur, Jakarta.

Dirjen Hubla tidak merinci jumlah anggaran untuk pengadaan 21 kapal patroli tersebut. Namun, dia mengakui jumlah armada operasional untuk pengamanan laut di perairan Indonesia belum memadai.

Selain itu, lanjutnya, mayoritas kapal patroli yang digunakan KPLP dari sisi jumlah dan teknologi masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan armada milik negara-negara lain.

Pada kesempatan itu, Effendi juga membuka apel latihan dasar terhadap 212 calon pegawai sipil Dephub.

Dia juga mengungkapkan pihaknya telah menyempurnakan implementasi tnternational ship and port security (ISPS) Code di sejumlah fasilitas pelabuhan atau terminal peti kemas yang beberapa waktu lalu dinilai oleh Penjaga Pantai AS belum memenuhi persyaratan internasional tentang keselamatan.
(Bisnis Indonesia 16/01/08)