Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan mewisuda sebanyak 1.227 perwira transportasi kapal niaga, yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Politeknik Pelayaran Banten.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir menjadi inspektur upacara kelulusan (Bon Voyage), yang berlangsung di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (29/1).

Menhub berpesan kepada para perwira yang telah lulus, mampu menjaga aspek keselamatan dan keamanan pelayaran. “Pastikan kapal memenuhi aspek keamanan, kapal berfungsi dengan baik, serta nakhoda menjalankan kapal dengan selamat, dan mampu memberikan pelayanan yang prima,” ujar Menhub.

Selain itu, Menhub meminta kepada para perwira yang diwisuda untuk terus meningkatkan skill, kompetensi dan kemampuan adaptasi terhadap perkembangan teknologi.

“Pelaut kita harus kompeten, unggul, berintegritas, memiliki jiwa kompetitif, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Karena seperti pesan Bapak Presiden Jokowi bahwa kemampuan sumber daya manusia (SDM) lah yang membuat Indonesia disegani di seluruh dunia," ucap Menhub.

Selanjutnya, Menhub mendorong seluruh perguruan tinggi dan lembaga diklat di lingkungan Kemenhub, agar berperan aktif mendukung penyiapan SDM yang siap mengadopsi teknologi pelayaran di masa depan berkelanjutan dan ramah lingkungan. Menurut Menhub, para perwira juga harus mampu memahami dan memanfaatkan Internet of Thing, Artificial Intelligence, Big Data dan Blockchain.

"Kita harus realistis bahwa saat ini pelaut di Indonesia belum maksimal jiwa kompetitifnya. Oleh karena itu, kepada semua direktur, kepala badan, kita harus bekerja keras, menempuh pola-pola pendidikan yang spartan, yang meningkatkan kompetensi, yang menanamkan kreativitas,” tutur Menhub.

Menhub berharap, dengan meningkatkan kualitas SDM di sektor transportasi, mampu menjadikan Indonesia masuk dalam lima negara terbesar di dunia pada tahun 2045.

Para perwira yang telah lulus tersebut, mengikuti sejumlah diklat yang diselenggarakan di Poltekpel Banten, yaitu: pertama, diklat pembentukan kompetensi di bidang pelayaran melalui jalur Diploma III dan Non Diploma. Pada diklat pembentukan ini, para perwira melaksanakan pendidikan teori dan praktek di kampus selama 2 (dua) tahun serta praktek berlayar selama 12 bulan di kapal niaga.

Kedua, diklat peningkatan kompetensi di bidang pelayaran yang terdiri dari diklat peningkatan II, III, IV dan V. Pada diklat peningkatan ini, para perwira melaksanakan pendidikan teori dan praktek di kampus.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono, Kepala Poltekpel Banten Moejiono dan para keluarga dari perwira yang diwisuda.(WN/RDL/BRD/HT)