Dasar Hukum :

    1)Undang-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran;

    2)Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau;

    3)Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan;

    Persyaratan :

    Perorangan Warga Negara Indonesia, Badan Hukum Indonesia berbentuk Perseroan Terbatas, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau korporasi yang didirikan untuk itu;

    1)Memiliki akta pendirian perusahaan bagi pemohon yang berbentuk badan hukum Indonesia atau Kartu Tanda Penduduk bagi Warga Negara Indonesia perorangan yang mengajukan surat permohonan Izin usaha angkutan penyeberangan;

    2)Memiliki tenaga ahli dalam pengelolaan usaha angkutan sungai dan danau;

    3)Memiliki Surat Keterangan Domisili Perusahaan;

    4)Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

    Pengajuan Permohonan :

    Permohonan Izin Angkutan Sungai dan Danau diajukan kepada :

    1)Bupati atau Walikota setempat, sesuai domisili perusahaan;

    2)Gubernur/ Kepala Daerah Khusus Ibu kota, untuk pemohon yang berdomisili di Daerah Khusus Ibu kota Jakarta.

    Penyelesaian Permohonan :

    Pemberian atau penolakan atas permohonan Izin usaha, diberikan oleh Pejabat pemberi Izin selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah permohonan diterima secara lengkap.

    Masa Berlaku Izin :

    1)Izin usaha berlaku selama perusahaan yang bersangkutan masih menjalankan kegiatan usahanya dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Izin yang bersangkutan;

Izin usaha berlaku juga untuk cabang/ perwakilan perusahaan yang bersangkutan di seluruh Indonesia.