(Surabaya, 9/3/2011) Transportasi masal di 4 kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung semestinya sudah mulai dibangun pada tahun 2014. Hal ini disampaikan Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan (BSTP) Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, di Surabaya 9/3/2011. “Pada pertengahan tahun ini master plan-nya (masing-masing kota tersebut) sudah harus selesai,” kata Elly Sinaga.

Lebih lanjut Elly Sinaga menjelaskan hal ini merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah di bidang transportasi mengacu target yang dievaluasi oleh UKP4. Menurut Elly semula yang disinggung dalam target tersebut memang hanya lingkup Jabodetabek, namun pada perkembangannya diperluas menjadi 4 kota tersebut. Saat ini tindak lanjut implementasi mengenai kebijakan ini langsung berada ditangan Wakil Presiden, dan nantinya akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP).

Pada kesempatan usai menjadi narasumber bersama Walikota Surabaya dalam diskusi panel Menguak Masalah Sosial Kultural Transportasi Perkotaan Surabaya di UNAIR tersebut Elly Sinaga menyatakan rasa optimisnya bahwa Surabaya akan mampu mencapai kemajuan sesuai yang diharapkan. “Tadi kita lihat Bu Walikota telah mempresentasikan konsep transportasi perkotaan di Surabaya, jangan khawatir nanti Pemerintah (Pusat) akan membantu, “ kata Elly Sinaga. Untuk dua kota yang lain yaitu Medan dan Bandung Elly Sinaga belum dapat memberikan penjelasan mengenai sejauh mana langkah yang telah ditempuh oleh pemerintah daerah setempat.

Sementara itu untuk DKI Jakarta saat ini telah memiliki sistem transportasi masal berbasis bus (Bus Rapid Transit/BRT)  yang dikenal dengan Transjakarta yang telah dimulai sejak Januari 2004. Sesuai Pola Transportasi Makro yang dimiliki DKI Jakarta, nantinya Transjakarta ini akan diintregasikan dengan sistem transportasi massal MRT (Mass Rapid Tansit). Seperti telah diberitakan sebelumnya, proses pembangunan MRT di DKI Jakarta tengah menuju proses  tender pekerjaan konstruksi yang direncanakan akan dimulai pada bulan April mendatang. Diharapkan proses tender konstruksi akan selesai pada tahun ini sehingga diharapkan proses pekerjaan konstruksi dapat dilakukan mulai tahun 2012 dan akhir tahun 2016 diharapkan telah dapat beroperasi. (BRD)