Berita Umum

Tinjau Stasiun Tugu, Menhub Sampaikan Kenaikan Jumlah Penumpang Jarak Jauh

Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 29 Desember 2019
Jumlah Dilihat: 344 kali

Yogyakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan dalam Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini terjadi kenaikan jumlah penumpang untuk kereta api jarak jauh, peningkatan tersebut sejalan dengan penambahan kereta tambahan yang disiapkan. Hal tersebut disampaikan Menhub saat meninjau Stasiun Tugu di Yogyakarta, Sabtu (28/12).

"Berdasarkan hasil evaluasi terjadi peningkatan untuk kereta api jarak jauh, dalam Nataru memang yang terpenting adalah kereta api jarak jauh, peningkatan tersebut sejalan dengan peningkatan armada sebesar 4% dari tahun 2018 lalu sehingga terserap dengan baik" ujar Menhub Budi Karya.

Didampingi Direktur Jenderal Perkeretaapian dan Dirut PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Menhub melakukan peninjauan ke terminal penumpang dan kereta inspeksi. Dalam kunjungan kerja ini Menhub meminta jajaran PT. KAI agar lebih intensif lagi dalam meningkatkan kapasitas jumlah penumpang.

"Kita akan meminta PT. KAI secara intensif untuk meningkatkan kapasitas penumpang agar kami dapat memikirkan rute-rute strategis yang dapat dilalui kereta api," ucap Menhub Budi Karya.

Disaat yang bersamaan Menhub juga mengimbau kepada para pemudik angkutan pribadi agar mempersiapkan diri dengan baik selama agar dapat berjalan dengan baik.

"Hari Senin dan Selasa nanti saya akan meninjau Cipali, karena kita perkiraan daerah Cipali yang paling padat nanti, oleh karenanya saya menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik agar mempersiapkan diri dengan baik agar perjalanan berjalan dengan baik dan lancar" pungkas Menhub Budi Karya.

Disela-sela kunjungan kerjanya, Menhub bersama karyawan PT. Kerta Api Indonesia (KAI) sempatkan bernyanyi untuk menghibur calon penumpang Stasiun Tugu, Yogyakarta.

"Semoga para calon penumpang terhibur dengan aksi spontanitas saya bernyanyi tadi, kita dalam bekerja harus sempatkan juga untuk rileks agar tidak stress dalam bekerja" ucap Menhub Budi Karya.

“.(MM-INH/RDL/YSP/HA)