JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan ke stasiun Manggarai dengan menggunakan commuterline Jabodetabek, Rabu (10/8). Menhub bersama Dirjen Perkeretaapian Prasetyo tiba di stasiun Juanda sekitar pukul 14.30 WIB, disambut oleh jajaran PT KAI dan KCJ.

Usai meninjau stasiun Manggarai, Menhub Budi meminta PT KAI untuk terus meningkatkan pelayanan kereta api. Menurut Menhub, kereta api merupakan moda transportasi yang paling efisien. Ia mencontohkan commuterline saat ini yang jumlah total penumpang pertahunnya mencapai lebih dari 280 juta penumpang dan akan ditingkatkan lagi menjadi 420 juta penumpang per tahunnya.

“Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi ke depannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikkan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya,” jelas Menhub Budi Karya.

Untuk mencapai target jumlah penumpang commuterline tersebut, Menhub mengatakan akan dilakukan beberapa langkah, diantaranya yaitu menghilangkan perlintasan sebidang. Saat ini ada sekitar 800 perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Langkah lainnya yaitu mengembangkan stasiun-stasiun. Misalnya, mengembangkan Stasiun Manggarai menjadi dua lantai untuk menambah kapasitas penumpang.

“Ini pekerjaan yang tidak mudah. Karena pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan operasional. Jadi pekerjaannya tidak boleh mengganngu operasional commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan Stasiun Manggarai menjadi dua lantai akan selesai pada tahun 2019,” terang Menhub.

Menhub Budi menambahkan, saat ini porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dbanding moda transportasi lainnya.

“Ke depan kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen. Kita harus berfikir cepat untuk mencapai upaya itu,” ujarnya.

Saat perjalanan dari stasiun Juanda ke Stasiun Manggarai, di dalam kereta Menhub Budi Karya sempat berbincang dengan para penumpang commuterline. Salah satunya dari seorang ibu yang merupakan penumpang commuterline. Ibu tersebut mengatakan, merasa nyaman menaiki commuterline.

"Hanya bayar 2000. Ada AC, nyaman dan bisa tidur lagi," ujarnya kepada Menhub.

Menanggapi hal tersebut, Menhub Budi mengapresiasi kinerja PT KAI dan KCJ.

“Satu ekspresi yang luar biasa dari warga Jakarta. Sangat mulia apa yang dikerjakan PT. KAI. Kita akan terus lakukan upaya-upaya perbaikan untuk meningkatkan kapasitas, pelayanan, safety dan security-nya,” tandasnya. (RDL/TH/SR/HP/DMS)