MALANG – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kembali menegaskan komitmen Kementerian Perhubungan sebagaimana diamanatkan Presiden untuk mencapai target zero accident selama masa mudik lebaran tahun 2016. Hal tersebut dikatakannya saat melakukan inspeksi dan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana transportasi untuk angkutan lebaran 2016 di Stasiun Malang, Rabu (15/6).

"Karena ini amanat Presiden agar transportasi umum maksimal, layanan harus lebih baik, tepat waktu dan sebagainya. ?Semua armada sama, kalau ada no go item, harus dilakukan perbaikan yang selanjutnya diperiksa lagi baru boleh beroperasi. Tidak sampai izin dicabut, semua kan ada persyaratannya", tegasnya.

Untuk mewujudkan target itu, Menhub Ignasius Jonan telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan ramp check semua moda yang akan digunakan untuk angkutan lebaran 2016 secara menyeluruh tanpa terkecuali. Rampcheck tersebut dilakukan dimulai awal Juni hingga 23 Juni 2016.

Kemenhub juga akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan provinsi, kota/kabupaten serta kepolisian untuk melakukan hal yang sama dan rekayasa lalulintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Setelah selesai di Stasiun Malang Kota Baru, Menhub Jonan bersama rombongan menuju Bandara Abdul Rachman Saleh dan melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan pesawat Hawker X900. Pelaksanaan rampcheck keseluruhan moda merupakan perwujudan fokus kerja Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan jasa transportasi kepada masyarakat. (WK/BU/SR/HP)